Seberkas Kebiasaan

0
- Jelaskan tentang tata tertib kehidupan di Kampus yang berlaku umum untuk semua civitas academica! Apakah aturan tata tertib memang diperlukan di lingkungan kampus? Jelaskan alasannya! Kehidupan kampus adalah aktualisasi dari keseluruhan kegiatan semua civitas academica yang saling berinteraksi dalam pelaksanaan kegiatan perguruan tinggi. Tata tertib kehidupan di kampus bertujuan agar terselenggaranya dengan baik semua kegiatan perguruan tinggi dalam suasana yang kondusif, selain itu terwujudnya kehidupan kampus yang tertib dan dinamis dalam menunjang kemajuan mahasiswa. Sesuai dengan pasal 2 tata tertib kehidupan kampus bagi mahasiswa Gunadarma, bahwa mahasiswa bersama civitas academica yang lain yakni dosen serta komponen yang terkait seperti tenaga administratif berkewajiban untuk melaksanakan tugasnya masing-masing dengan baik dalam rangka mencapai tujuan Universitas Gunadarma. Selain itu, pada pasal 3 tertera bahwa dalam setiap kegiatan, baik kegiatan akademik maupun non akademik mahasiswa harus mengikuti dan mentaati seluruh peraturan akademik, peraturan non akademik, prosedur, serta tata cara yang sitetapkan dan menjadi kebijaksanaan Universitas Gunadarma. Terdapat 7 pasal lagi yang telah ditetapkan di kampus Gunadarma. Jadi, tata tertib diperlukan di lingkungan kampus agar semua civitas academica patuh terhadap peraturan yang telah ditetapkan untuk menjaga ketertiban di lingkungan Gunadarma.



- Jelaskan perilaku/sikap/tindakan yang sebaiknya tidak dilakukan oleh mahasiswa di kampus! Berikan minimal 10 contoh nyata yang saudara amati dan solusi yang saudara tawarkan! 10 perilaku yang sebaiknya tidak dilakukan oleh mahasiswa di kampus:

1. Merokok
Seharusnya mahasiswa yang merokok sadar akan kesalahannya, udara yang ditimbulkan akibat asap rokok bisa merugikan orang lain. Terutama terhadap mahasiswa yang merokok di dalam kelas dengan fasilitas AC yang sangat mengganggu orang-orang yang berada di ruangan tersebut. Jadi, sebaiknya timbulkan rasa peduli terhadap lingkungan dari diri sendiri.

2. Minum-minuman Beralkohol
Banyak mahasiswa yang minum-minuman beralkohol di halaman kampus. Karena dengan meminum-minuman beralkohol bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti: pertengkaran, pelecehan, dan sebagainya. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari perbuatan ini untuk menjaga keamanan dan ketertiban kampus.

3. Menggunakan Kata-kata yang Tidak Sopan
Sebagai mahasiswa yang berpendidikan dan terpelajar seharusnya kita bisa menggunakan kata-kata yang terpelajar. Tidak menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung orang lain dan tidak sopan di lingkungan kampus untuk menjaga image dari seorang mahasiswa.

4. Plagiarisme
Banyak sekali mahasiswa yang mengerjakan tugas dengan menyalin data dari salah satu sumber di internet tanpa mengeditnya. Selain itu, mereka tidak mencantumkan nama sumber pada tulisannya. Seharusnya mahasiswa tersebut mencantumkan nama sumber pada tulisannya. Perbuatan ini sangat tidak baik karena mengatas namakan karya orang dengan nama kita sendiri.

5. Mengabsenkan Teman Sekelas
Beberapa dosen membuat absen berpengaruh terhadap nilai. Oleh karena itu, banyak mahasiswa yang mengabsenkan temannya yang tidak masuk karena tidak enak kepada temannya tersebut. Padahal perbuatan ini sangat tidak baik, karena dosen menerapkan bahwa absensi berpengaruh agar kita memahami semua materi yang disampaikan jika sering masuk dan melakukan latihan saat masuk kuliah.

6. Mencontek
Hampir setiap orang pernah melakukan perbuatan ini. Seharusnya setelah menjadi mahasiswa, perbuatan ini sudah dibuang jauh-jauh karena selain perbuatan ini bisa merugikan diri sendiri yang mencontek selain itu merugikan orang yang diconteknya. Mahasiswa seharusnya belajar dengan tekun agar mendapatkan hasil yang maksimal dengan kemampuan diri sendiri. Jika mendapatkan nilai yang kurang memuaskan, kita jadi bisa melakukan perbaikan.

7. Berpakaian yang Tidak Semestinya
Banyak sekali mahasiswi yang berpakaian minim ke kampus dengan rok mini, baju ketat dan lain sebagainya. Seharusnya orang-orang ini berfikir bahwa wilayah kampus adalah waktunya untuk belajar bukannya untuk mencari ketenaran. Menggunakan pakaian seperti itu di kampus dapat menimbulkan pikiran negatif para lelaki. Selain itu, banyak juga mahasiswa yang menggunakan celana robek yang tidak diperbolehkan sesuai dengan pasal 5 tata tertib kehidupan kampus bagi mahasiswa Gunadarma.

 8. Melakukan atau Mencoba
Melakukan Semua Jenis Kegiatan yang Mengarah ke Bentuk Perjudian Banyak mahasiswa yang bermain kartu atau lain sebagainya. Beberapa bermain kartu hanya untuk mengisi waktu luang saja dan beberapa menggunakan uang. Setiap perbuatan itu berawal dari kebiasaan.
Oleh karena itu, sebaiknya hindari perbuatan ini agar tidak melakukan kegiatan yang mengarah ke bentuk perjudian. Jika melakukan perbuatan ini di wilayah kampus Gunadarma maka akan didapatkan sanksi antara lain: teguran dan peringatan, larangan mengikuti kegiatan akademik dan kegiatan lainnya dalam waktu maksimal 12 bulan 3. Jika sudah melakukan hal tersebut hingga di luar batas maka akan dicabut kedudukannya sebagai warga Universitas Gunadarma.



9. Membuang Sampah Sembarangan
Mahasiswa banyak sekali yang malas membuang sampah di tempatnya. Mereka seharusnya rajin membuang sampah pada tempatnya agar tercipta lingkungan kampus yang bersih.

10. Melakukan tindakan kekerasan
Sering kali mahasiswa bertengkar karena hal kecil. Seharusnya sebagai mahasiswa mereka harus bisa menahan emosi dan menyeselesaikan masalah baik-baik dan dengan kepala dingin. Melakukan tindakan kekerasan seraca fisik dan atau non fisik dengan sebab atau alasan apapun sangat dilarang khususnya di lingkungan Universitas Gunadarma.

- Jelaskan perilaku/sikap/tindakan yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa di kampus! Berikan minimal 10 contoh! Beberapa perilaku/sikap/tindakan yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa di kampus antara lain:

1. Sopan dalam Bertingkah Laku
Setiap mahasiswa harus sopan kepada semua civitas academica agar terjalin hubungan yang baik antara mahasiswa dan civitas academica lainnya.

2. Mengikuti Kegiatan Organisasi
Selain berkuliah, mahasiswa sebaiknya mengikuti kegiatan organisasi agar mengetahui ilmu kepemimpinan dan berorganisasi sehingga nantinya bisa diterapkan saat bekerja.

3. Biasakan Hidup Sehat
Jika tidak melakukan hal yang bisa membuat kita sakit seperti merokok dan minum-minuman keras maka sangat menguntungkan diri kita sendiri maupun orang lain di sekitar.

4. Peduli Terhadap Lingkungan
Jika melihat sampah berserakan sebaiknya kita bantu memungutnya untuk menjaga kebersihan lingkungan.



5. Tidak Mencontek
Agar dapat mengetahui kemampuan diri sendiri dan tidak mengandalkan orang lain.

6. Mengerjakan Tugas Kelompok
Agar dapat menguasai materi dan tidak menaruh beban kepada ketua kelompok.

7. Belajar untuk Berpikir Sistematis
Sebagai mahasiswa, kita dituntut berpikir sistematis. Oleh karena itu, kita harus mulai menerapkannya dari hal-hal kecil. 8. Datang Kuliah Tepat Waktu Sebagai mahasiswa yang baik dan menghargai dosen sebaiknya kita dating kuliah tepat waktu agar tidak mengganggu dosen yang sedang mengajar dan mengalihkan pikiran mahasiswa yang lain.

9. Tidak Mengobrol
Saat Dosen Mengajar Mahasiswa sebaiknya memperhatikan penjelasan dosen dan tidak mengobrol agar tidak mengganggu teman lain yang benar-benar serius mendengarkan penjelasan dosen. 10. Mematuhi Semua Tata Tertib yang Ada Tata tertib sudah dibuat oleh pihak kampus agar mahasiswa tidak melakukan hal yang menyimpang. Oleh karena itu, bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi yang tegas.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)