Kemandirian Ala Iswadi


LANGSA | Samudra News
Mahasiswa memang mempunyai peran penting dalam memajukan pembangunan diberbagai sector. Sebagai mahasiswa dengan jiwa dan kreatifitas yang tinggi bukan mustahil dapat menciptakan peluang usaha sendiri. Hal ini diperkuat oleh Iswadi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Samudra Langsa angkatan tahun 2008 yang membuka usaha kecil-kecilan diperkarangan kampus dengan standar penghasilan sekitar 2 juta perbulan.

Usaha kantin mahasiswa yang terletak di depan Fakultas Pertanian tersebut dapat dilihat sebagai bentuk kemandirian dan kreatifitas seorang mahasiswa yang mencoba menanggulangi masalah yang sering dihadapi oleh mahasiswa pada umumnya. Selain itu, usaha yang dirintis Iswadi sejak awal 2011 lalu, tidak hanya sekedar membuka usaha namun juga mampu menampung tenaga kerja meski hanya berjumlah satu atau dua orang.

“Faktor utama untuk memulai suatu usaha bukan terletak pada modal. Namun kita bisa memulainya dari hal-hal yang kecil dan tidak perlu modal besar, yang dibutuhkan hanyalah ketekunan dan keuletan serta komitmen yang kuat. Apabila dikerjakan dengan sungguh-sungguh akan dapat memperoleh keuntungan.” Ungkap Iswadi kepada Samudra News.

Selain itu, ia juga melanjutkan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuka suatu usaha di kalangan kampus pertama, kita harus memilih bidang yang dikuasai dan kita  sukai. Kedua, pilihlah jenis usaha yang dibutuhkan di lingkungan kampus karena tempat pemasaran produk kita adalah lingkungan kampus. [redaksi]