Komunitas Film Aceh Ikut Jambore Film Pendek 2012 di Jakarta

BANDA ACEH | Samudra News - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Jakarta memilih Lamp On, sebuah komunitas film asal Aceh, untuk menghadiri Jambore Film Pendek 2012 yang akan digelar di Jakarta tanggal 21 sampai 27 November 2012 mendatang.

Lamp On terpilih setelah mendaftarkan dua film fiksi produksi mereka ke panitia pelaksana Jambore. “Kami satu-satunya komunitas film yang lolos mewakili Aceh ke sana,” kata R.A Karamullah, Ketua Komunitas Lamp On, Rabu 31 Oktober 2012 di Banda Aceh.

Ariska, salah satu anggota komunitas Lamp On, menyebutkan dua karya film fiksi yang dikirimkan adalah “Jameun Jinoe” dan “Habis Terang Terbitlah Gelap”. Para pemeran dalam film fiksi itu rata-rata mahasiswa Aceh.

Pada website resmi Jambore Film Pendek 2012, kegiatan itu digelar pemerintah dalam menggalakkan industri kreatif dengan mempertemukan komunitas film pendek.

Acara juga diharapkan menjadi ruang apresiasi presentasi bagi sineas muda berbakat yang akan berkembang setiap tahunnya, serta menumbuhkan spirit kreatif para pembuat film independen dalam meningkatkan produksi film pendek di Indonesia.

Selain itu, Jambore juga dibentuk sebagai forum berskala nasional bagi komunitas film untuk bertukar informasi dan pengalaman dalam menuangkan karya-karya yang berbasis nilai budaya, kearifan lokal serta pembangunan karakter bangsa.

Berdasarkan informasi yang tertera di website, ada 25 karya film dinyatakan lolos seleksi dari total 218 karya yang mendaftar.[]


sumber: atjehpost.com
Tags