Tahun 2013 Lapangan Merdeka Langsa Menjadi Lokasi Hotspot

* Gratis Pemakaian Selama Dua Minggu

BANDA ACEH | Samudra News - PT Telkom Aceh akan terus menyebarkan titik-titik atau lokasi hotspot (layanan internet) ke seluruh wilayah Aceh. Telkom menargetkan 1.000 titik hostspot akan tersedia di tempat-tempat umum di seluruh Aceh pada 2013 nanti.

Kepala PT Telkom Aceh, Ir Muhammad Salmi MM, kepada Serambi, Rabu (17/10) mengatakan, penggunaan layanan hotspot tersebut bisa digunakan secara gratis. Namun, kata Muhammad Salmi, masa gratis tersebut berjangka dua minggu atau free trial.

Ia menyebutkan, selama ini PT Telkom Aceh sudah menyediakan layanan internet gratis di sejumlah lokasi di Kota Banda Aceh, seperti Taman Sari, Taman Putro Phang, Pustaka Masjid Raya Baiturrahman, Terminal Batoh, Hermes Mall, kawasan kampus Darussalam, dan di kawasan Blang Bintang.

Fasilitas serupa juga telah tersedia di wilayah Bireuen, Meulaboh, Tapaktuan, Meureudu, Kutacane, Takengon, dan Lhokseumawe. Kini, pihaknya sedang memperluas layanan ke Sigli (Pidie), Idi (Aceh Timur), Langsa (Lapangan Merdeka), Subulussalam, Singkil, dan Gayo Lues. 

Program ini, katanya, tak semata-mata untuk menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya. Tapi juga bagian dari peran serta mencerdaskan bangsa dan sebagai wujud menuju Provinsi Aceh Cyber City.

“Paling tidak masyarakat mendapat kemudahan untuk mengakses informasi dari internet dan meningkatkan penguasaan terhadap teknologi informasi,” kata Muhammad Salmi.(awi)

Penyedia Lokasi tak Dipungut Biaya
KEPALA PT Telkom Aceh Muhammad Salmi menambahkan, bagi penyedia lokasi hotspot tidak akan dipungut biaya. Penyedia cukup menyediakan listrik untuk menunjang kerja peralatan koneksi Wireless Fidelity (Wi-Fi) atau hotspot milik PT Telkom.

Sementara lokasi-lokasi penempatan hotspot, menurut Muhammad Salmi, antara lain, restoran, sarana olah raga, taman, hotel, pusat bisnis, masjid, mal, sekolah, kampus, cafe, dan rumah sakit. “Ini merupakan salah satu program Gebyar 1.000 Hotspot Indonesian WiFi yang dilakukan Telkom,” katanya.