Walikota Langsa: Gotong Royong Mulai Terkikis dalam Masyarakat Aceh

LANGSA |  SamudraNews -  Walikota Langsa, Tgk Usman Abdullah atau yang akrab disapa Toke Suum mengatakan saat ini budaya gotong royong sudah mulai terkikis dalam kehidupan masyarakat Aceh. "Ini menjadi tanggung jawab kita pemerintah untuk mengalakkan kembali warisan leluhur," katanya di Langsa.

Padahal, katanya, salah satu ciri masyarakat timur adalah semangat gotong royong dan untuk membangkitkan kembali budaya gotong royong. KArena itu, Pemerintah Kota Langsa mencanangkan bahwa setiap hari Minggu merupakan hari Minggu bersih. Hari Minggu merupakan hari libur bagi PNS," kata Usman Abdullah saat akan memimpin langsung kegiatan gotong royong di Kecamatan Langsa Kota, Minggu,14 Oktober 2012.

Menurutnya, selain daerah menjadi bersih dan sehat, ada banyak makna yang dapat diambil dari budaya gotong royong. "Salah satunya sebagai ajang silaturrahmi antar masyarakat dengan pemerintah dan masyarakat dgn masyarakat. Selain itu, kegiatan gotong royong ini juga bermakna sebagai sarana memperkuat soliditas masyarakat dan gampong itu kuat karena gotong royong bukan karena banyak rumah mewah," katanya.

Diakuinya, dalam tradisi masyarakat Aceh, gotong royong tidak asing karena memang seluruh totalitas kehidupan bermasyarakat di Aceh tidak terlepas dari semangat gotong royong. Dia menyebut contohnya adalah membangun jalan, lorong, mesjid dan sebagainya. "Akan tetapi sayangnya budaya itu mulai luntur karena masyarakat lebih memilih praktisnya dengan cara mengongkosi atau mengupahkan, khususnya di perkotaan semua harus dikerjakan dengan dana APBK," katanya.
Padahal terkadang, kata Toke Seuum, program itu bisa dikerjakan secara bersama-sama dengan melibatkan seluruh masayarakat. Dan, dia melanjutkan, semua pekerjaan jika kita kerjakan bersama pasti akan cepat selesai karena melibatkan banyak tenaga, tapi sekarang maasyarakat lebih memilih memberi duit asalkan tidak datang ikut gotong royong massal.

Dia melanjutkan, kegiatan gotong royong ini selain sebagai ajang silaturahmi antara masyarakat gampong, moment ini juga bisa dimamfaatkan sepenuhnya untuk bersosialiasi antar PNS itu sendiri yang terkadang tidak pernah jumpa karena bekerja di lain dinas dan intansi.

Kegiatan gotong royong massal ini dihadiri Kapolsek Langsa Kota, Iptu M Fadlan, Sekda Kota Langsa Muhamaad Syahril, Camat Langsa Kota Yusrin, dan melibatkan seluruh PNS disetiap SKPK dalam jajaran Pemerintah Kota Langsa serta masyarakat setempat.Ini merupakan gotong royong yang kedua kalinya dipimpin langsung Walikota Langsa, Usman Abdullah.


sumber: atjehpost.com
Tags