Goyang Lidah di Medan, Dari Soto, Durian Hingga Mie Aceh Titi Bobrok

Merdeka Walk, Tempat nongkrong Muda-mudi Medan
Medan | Samudra News - Wisata ke Medan terasa ada yang kurang jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Ibukota Sumatera Utara ini punya ragam panganan yang bisa menggoyang lidah. Dari soto sampai durian, ada di sini!

Secara garis besar, Medan, Sumatera Utara dihuni oleh beragam etnis, seperti Melayu, Batak, Jawa, hingga China. Hal tersebutlah yang membuat kota ini memiliki aneka ragam makanan yang nikmat. Maka tak heran jika sebagian wisatawan yang berkunjung ke Medan punya niatan khusus untuk wisata kuliner.

Selain menu yang beragam, tempat yang menjual makanannya pun beraneka pula. Kami telah merangkum beberapa kuliner lezat khas Ibukota Sumatera Utara ini. Sebelum traveling ke Medan, yuk simak beberapa tempat asyik untuk mencicipi makanan khas Medan:

1. Soto Medan di Rumah Makan Sinar Pagi

Perjalanan wisata kuliner bisa dimulai dengan mencicipi soto Medan. Tempat yang paling terkenal untuk menikmati panganan ini adalah di Rumah Makan Sinar Pagi, tepatnya berada di Jalan Sei Deli. Jangan kaget, sebab masyarakat Medan sudah terbiasa sarapan dengan soto khasnya.

Berbeda dengan kebanyakan soto di Pulau Jawa, soto Medan memiliki kuah yang lebih kental. Campuran santan dan bumbu-bumbu yang digunakan juga sangat khas, Anda pasti ketagihan. Namun, jika Anda tidak suka makanan bersantan, tempat ini juga punya menu lain, seperti sop ayam atau sop daging yang sama nikmatnya.

Rumah Makan Sinar Pagi memang sudah terkenal dan selalu ramai pengunjung. Jadi, Anda harus bersabar jika ingin mengisi perut di sini. Atau mungkin, Anda juga bisa datang lebih pagi. Rumah makan ini buka pukul 7.00 sampai 15.00 WIB. Selain sebagai menu sarapan, soto Medan juga nikmat disantap siang hari.

2. Sop iga sapi di Rumah Makan Sipirok

Bukan Medan namanya jika hanya punya satu menu kuliner saja. Kota ini juga terkenal dengan sop iga sapinya yang bikin ketagihan. Tidak percaya, coba saja sendiri!

Biasanya, wisatawan menyantap sop iga sapi di Rumah Makan Sipirok. Tepatnya berada di Jalan Sunggal No 14. Lokasi ini cukup mudah dilalui, selain berada di pinggir jalan raya, tempatnya pun selalu ramai pengunjung. Tempat ini buka setiap hari, mulai pukul 10.00 hingga 15.00 WIB.

Sop iga sapi dengan kuah yang bening dan gurih sepertinya sudah menjadi favorit wisatawan yang datang ke Medan. Masakan yang satu ini benar-benar menggugah selera. Kalau sudah sekali makan, pasti ingin ketagihan.

3. Buah durian di Kedai Durian Ucok

Nah, ini dia yang paling tersohor di Medan. Jika datang pada bulan Desember sampai Februari, buah durian bisa dengan mudah Anda dapatkan di sini. Bulan tersebut adalah musimnya buah durian. Selain itu, harganya pasti lebih murah, yaitu sekitar Rp 15-20 ribu per buah.

Namun, bukan berarti selain bulan tersebut Anda tidak bisa menikmati durian di Medan. Sebab di kota ini durian panen sepanjang tahun. Hanya saja harganya bisa lebih mahal.

Sama halnya dengan kuliner lainnya di Medan, durian juga punya tempat yang menjadi favorit wisatawan untuk menikmatinya, yaitu di Kedai Durian Ucok. Tepatnya di Jalan Iskandar Muda No 75. Jangan takut tidak bisa memilih durian yang nikmat, karena di sini Anda akan dilayani dan dipilihkan buah yang sesuai selera.

Selain itu, Medan juga punya Kedai Durian Pelawi di Jalan Sunggal, Simpang Jalan Kutilang. Sama halnya Kedai Durian Ucok, tempat ini juga menjadi surganya durian di Medan.

4. Pancake Durian di Merdeka Walk

Puas berwisata kuliner seharian, sepertinya cocok sekali jika ditutup dengan berjalan-jalan ke Merdeka Walk. Tempat ini adalah pusat jajan berkonsep outdoor. Merdeka Walk sangat ramai pada malam hari. Ini adalah salah satu tempat nongkrongnya anak muda di Medan.

Selain kaya akan buah durian, Medan juga punya banyak makanan dengan olahan buah beraroma khas ini. Salah satunya adalah pancake durian. Makanan ini cocok untuk penutup setelah seharian berwisata kuliner di Medan. Di Merdeka Walk ada beberapa toko yang menjual pancake durian, tapi yang paling terkenal adalah Nelayan Tenda.

Toko dengan nama unik ini menjual pancake yang lezat. Cake ini dibuat dari buah durian tentunya, tanpa biji dan dibalut dengan dadar yang tipis. Yummy!

5. Mie Aceh Titi Bobrok

Bagi Anda yang punya rencana bertandang ke Medan, Mie Aceh Titi Bobrok juga wajib dicicipi. Tepatnya berada di Jalan Setiabudi No 17C. Walaupun berada di Medan, tapi kuliner khas Aceh ini menjadi salah satu makanan yang wajib dicoba.

Mie dengan campuran kepiting ini bisa disantap dengan dua cara, kering dan berkuah. Rasanya lezat dan kaya akan rempah. Mie Aceh semakin nikmat saat disantap bersama acar bawang, emping melinjo, dan irisan ketimun. Uniknya, Titi Bobrok punya menu dengan nama yang tidak biasa. Di belakang nama makanannya, ada yang diberi tambahan 'CPC' atau cepecial yang berarti spesial. Ada-ada saja...

Bagi Anda yang tidak suka dengan kepiting, jangan khawatir, sebab Mie Aceh juga nikmat dicampur dengan daging, telur, atau cumi. Satu porsinya, mie tersebut dihargai sebesar Rp 8.000 sampai Rp 15.000 saja.

Makan-makanan khas Medan memang sangat menggoda selera. Bahkan perut bisa lapar lebih awal dibuatnya. Jadi, bila berkunjung ke Medan jangan lupa untuk mencicipi aneka kulinernya yang yummy! [DT]
Tags