Hari Pahlawan, Mahasiswa Unsam di Tes Urine


*BNN Kecewa Mahasiswa Kurang Mendukung

Langsa | Samudra News - Badan NarkotikaNasional (BNN) Kota Langsa melakukan Sosialisasi kepada Mahasiswa Universitas Samudra (Unsam) Langsa, Sabtu (10/11/2012) di Aula Fakultas Hukum.

Selain mensosialisasikan bahayanya narkoba, pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Langsa juga melakukan tes urine kepada puluhan mahasiswa yang mengikuti program Perencanaan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang disosialisasikan tersebut.

Tujuan dilakukan tes urine kepada mahasiswa merupakan salah satu kegiatan dari BNN sendiri, dimana peran serta kampus dan supaya unsam terbebas dari narkoba, "dimulai dari diri sendiri dulu untuk mendukung program pemerintah memerangi narkoba" ungkap Cut Maria selaku KTU Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Langsa kepada Samudra News.

Cut Maria
Bagi mahasiswa yang terdapat positif sebagai pemakai narkoba, maka pihak BNN akan memberi pembinaan dengan cara tes, dan gejala fisik dapat dilihat apabila dari tes tersebut hasilnya positif.

Namun, pihak BNN sangat kecewa kepada mahasiswa yang tidak terapresiasi dengan diadakan kegiatan ini, "Target kami 150 mahasiswa, namun cuma 40 mahasiswa saja yang mengikuti tes urine" tambah Cut Maria.

Hasil dari tes urine yang dilakukan dilingkungan kampus unsam akan disampaikan kepada Rektor, selanjutnya beliau harus melakukan konseling kepada mahasiswa tersebut. "Pengguna ini bukanlah korban" ujar Cut Maria lagi.


Tanggapan Purek III

Menanggapi kekecewaan pihak BNN terhadap kurangnya apresiasi mahasiswa terhadap program ini, Pembantu Rektor (Purek) III bidang kemahasiswaan Ir. Anas Johan mengatakan, seharusnya para aktivis kampus hadir untuk mendukung program ini, menurutnya "merekalah seharusnya yang menjadi penggerak bagi mahasiswa lain." jelasnya.

Imam Hadi Sutrisno
Selain Pembantu Rektor bidang kemahasiswaan, Kabag Bakat, Minat dan Prestasi Mahasiswa, Imam Hadi Sutrisno juga memberi tanggapan terhadap kurangnya kepeduliaan mahasiswa akan program yang dilakukan BNN ke kampus Universitas Samudra (Unsam), menurutnya selaku kabag bakat, Minat dan Prestasi Mahasiswa juga merasakan kekecewaan dikarenakan anemo dari mahasiswa sangat kurang.

Kedepan, pihak biro kemahasiswaan akan melakukan kegiatan yang sama namun berbeda teknis pelaksanaannya. "Kita akan berlakukan absen dan sosialisakan kepada setiap mahasiswa di Fakultas" ujar Mas Imam kepada Samudra News.


Tanggapan Mahasiswa

Niza
Dengan dilakukannya sosialisasi ini kita tingkatkan peranan kampus dalam menciptakan tingkat kampus bebas narkoba, "Kegiatan ini baik sekali, karena bisa membuktikan kita terbebas dari narkoba" ucap Niza mahasiswi Fakultas Ekonomi.

Menurutnya lagi, sekian banyak mahasiswa yang melakukan tes urine pasti ada yang terdapat positif mengkonsumsi narkotika, namun tidak diketahui siapa tapi akan terbukti dengan dilakukan tes tersebut, Demikian Niza. [Muhammad Naseb | Rinda Yuanda]