LPM Universitas Serambi Mekkah Gelar Pelatihan Kepenulisan

Banda Aceh | Samudra News - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Universitas Serambi Mekkah, Sabtu (10/11/) menggelar pelatihan kepenulisan dengan tema; "Saatnya Dunia Mengenal Kamu dan Melalui Tulisan Kata-Katamu Akan Abadi". Acara tersebut berlangsung di Ruang Kuliah Umum Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh. Pelatihan berlangsung dari pagi hingga sore.

Ketua Panitia, Mursyida dalam laporannya menyampaikan, pelatihan ini diikuti oleh 120 peserta dari perwakilan lembaga kemahasiswaan dan mahasiswa umum. Bahkan ada peserta dari luar mahasiwa Univ. Serambi Mekkah, serta dosen. Pemateri yang dihadirkan antara lain Iskandar Norman, M. Hamzah dan Fitriadi.

Pemimpin Redaksi Serambi Mekkah Pers Srabah Yudi, mengatakan dalam kata sambutannya minat menulis mahasiswa saat ini minim sekali, bahkan mahasiswa menganggap menulis itu merupakan sesuatu hal yang sangat susah untuk dilakukan padahal mudah namun tinggal bagaimana kita mau memulai. Eksistensi menulis mahasiswa baik dimedia masa maupun sekedar menulis di blog saat ini terlihat sangat minim.

Padahal menulis itu merupakan budaya yang harus diterapkan dikalangan mahasiswa sebagai kaum intelektual. Tidak dipungkiri hari ini bangsa kita sedang dilanda krisis kaum intelektual yang membudayakan menulis, hal ini bukan saja terjadi di Aceh, hampir semua kampus mengalami serupa, ujar Yudi.

Pelatihan dibuka oleh Pembantu Rektor III, Marzuki, M.Pd. yang dalam sambutannya berharap adanya kegiatan pelatihan ini dapat menumbuh kembangkan minat menulis di kalangan mahasiswa, apalagi peraturan pemerintah yang mewajibkan publikasi jurnal ilmiah adalah salah satu bentuk dorongan yang dilakukan pemerintah untuk mengembangkan minat belajar menulis dikalangan mahasiswa.

"Jika mahasiswa, menulis itu dijadikan hobi, maka dia akan didorong untuk hobi membaca, karena tidak ada seorang penulis yang tidak suka membaca. Semakin kita banyak membaca maka semakin berkualitas tulisan kita,"kata Marzuki. [tgj]