Demi UIN, Sejumlah Mahasiswa IAIN Ar Raniry Tunda Selesaikan Kuliah

BANDA ACEH | Samudra News – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Syariah IAIN Ar Raniry Banda Aceh berharap perubahan status IAIN menjadi UIN bisa terwujud secepatnya. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris BEM Fakultas Syariah, Saifuddin,  Rabu, 19 Desember 2012.

“Kalau ada kendala di lapangan kami harapkan dapat selesai, sehingga status UIN itu bisa segera kami dapatkan,” katanya.

Menurutnya IAIN layak mendapat status UIN, karena dari sisi infrastruktur, bangunan, dan tenaga kerjanya sudah layak dan menjadi bukti kesiapan IAIN berubah menjadi UIN.

“Kita lihat kampus UIN di luar sama dengan kita, kenapa kita tidak bisa berubah,” katanya. Selain itu katanya, ada beberapa mahasiswa angkatan lama yang sengaja menunda menyelesaikan kuliah mereka demi menunggu perubahan status tersebut. Alasannya, agar nanti mereka lulus sebagai alumni UIN Ar Raniry. Di Fakultas Syariah sendiri katanya, akan ada perubahan menyusul dengan pergantian status menjadi UIN yaitu Prodi Perbankan Islam dan Muamalat akan dijadikan fakultas terpisah yaitu Fakultas Ekonomi Islam. Begitu juga dengan beberapa jurusan lainnya, juga akan ada perubahan-perubahan. [ap]