Karang Taruna Aceh Dibekali Ilmu Jurnalistik

BANDA ACEH | Samudra News – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh bekerjasama dengan American Friendship Service Committee dan Dinas Sosial Aceh kembali menggelar pelatihan jurnalistik dasar untuk 20 karang taruna dan anggota Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat (FKPSM). Mereka dibahani mengenai dasar-dasar ilmu jurnalistik, media online, dan jejaring sosial, serta fotografi.

Peserta berasal dari Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Besar, dan Kota Banda Aceh. Mereka mengikuti pelatihan jurnalistik dasar selama tiga hari, Rabu hingga Jumat (12-14/12/2012) di Banda Aceh.

Tampil sebagai pembicara dalam pelatihan itu yakni Daspriani Yayan Zamzami (jurnalis Indosiar di Aceh), Anshari Hasyim (Serambi Indonesia), Hotli Simanjuntak (Jakarta Post), dan Fakhrurradzie Gade (blogger cum jurnalis acehkita.com). Keempat pemateri itu tampil secara terpisah dan mengisi materi tentang jurnalistik dasar, praktik menulis, fotografi, pengenalan media sosial, dan media online, serta jurnalisme warga.

Koordinator Program Training Jurnalistik Dasar AJI Misdarul Ihsan mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalistik ini merupakan kegiatan lanjutan bagi para pemuda karang taruna dan pekerja sosial di Aceh. Kegiatan ini dilakukan untuk mengembangkan potensi menulis para relawan binaan Dinas Sosial, sehingga mampu membangun komunikasi dengan pekerja pers dan media.

“Kita harapkan mereka mampu memahami dasar-dasar jurnalistik sehingga dapat menerapkan ilmu menulis ini dalam melaporkan setiap kejadian dan kegiatan di lingkungan sekitar mereka,” kata Ihsan

Pada hari ketiga pelatihan peserta juga berkesempatan mengunjungi kantor AJI di kawasan Batoh, Lueng Bata.

Menurut Ihsan, kunjungan ini untuk memberikan wawasan bagi mereka bagaimana kondisi organisasi jurnalis sebagai wadah tempat berkumpul, berbagi informasi seputar perkembangan dunia media di Aceh.

“Intinya kita ingin lebih mendekatkan para pekerja sosial ini dengan media, agar setiap kegiatan sosial yang mereka lakukan dapat terinformasikan ke masyarakat,” kata Ihsan.

Sebelumnya kegiatan serupa juga telah dilakukan bagi 25 pemuda karang taruna dari Kabupaten Pidie dan Aceh Besar pada awal Juli lalu.

Pada akhir acara, mereka bersepakat membentuk sebuah wadah yang dinamakan Forum Alumni Training Jurnalistik Dasar AJI. [ak]