Mahasiswa Eropa Bakal Gugat Facebook

EROPA | Samudra News - Kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Eroupe-v-Facebook berencana menuntut Facebook, terkait masalah privasi dan perlindungan data, Rabu (5/12/2012).

Kelompok mahasiswa itu telah berkampanye menuntut perlindungan data yang lebih baik di Facebook selama lebih dari setahun, dan telah memenangkan beberapa konsesi, terutama dalam mendesak Facebook mematikan fitur pengenalan wajah di Eropa.

Tapi, menurut kelompok itu, langkah perubahan yang dilakukan Facebook dirasa masih setengah hati. Kelompok mahasiswa juga kecewa dengan respon Komisaris Perlindungan Data Irlandia yang telah melakukan investigasi setelah kelompok Europe-v-Facebook mengajukan keluhan.

"Kami mengharapkan solusi sesuai ketentuan hukum dari otoritas perlindungan data Irlandia. Sayangnya, langkah itu nampaknya tak akan terwujud dalam waktu dekat. Karena itu, kami mempersiapkan diri untuk gugatan di Irlandia," kata perwakilan dari kelompok mahasiswa Europe-v-Facebook.

Selain di Eropa, Facebook juga menghadapi gugatan hukum di Amerika Serikat, karena dituding melanggar hak privasi dengan mempublikasi "like" yang telah dilakukan seseorang, tapi tak memberi pilihan bagi orang yang tak mau mempublikasi like tersebut (opt out).

Seorang Hakim di AS mengeluarkan putusan awal yang menyetujui gugatan itu, dan memberi pilihan penyelesaian kasus dengan memerintahkan Facebook membayar sejumlah uang ganti rugi. [kps]

Tags