MGMP Harus Mampu Tingkatkan Pemahaman Guru


Aceh Timur | Samudra News
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) serta Bimbingan Penyuluhan (Bimpen) yang dilaksanakan oleh guru SMP se Kabupaten Ach Timur di SMP Negeri 1 Peureulak pada tanggal 6 Desember 2012 sampai tanggal 22 Desember 2012 lalu berjalan dengan cukup baik. Hal tersebut dibuktikan dengan semangat para guru yang menjadi peserta kegiatan untuk terus mendalami tentang teknologi informasi sebagai media pembelajaran serta dalam menyatukan persepsi, guna tercapai tujuan pembelajaran yang baik dan bagus.

Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh Timur  H Agussalim, SH, MH, tersebut diikuti oleh 40 peserta yang mewakili dari 40 SMP se Kabupaten Aceh Timur. Dalam sambutannya, H Agussalim, SH, MH, menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung pelaksanaan acara tersebut, menurutnya dengan dilaksanakannya MGMP TIK dan BIMPEN ini, setiap guru bisa paham akan pentingnya memahami perkembangan teknologi yang nantinya bisa diaplikasikan dalam proses belajar mengajar sebagai sarana tambahan media pembelajaran.

Selanjutnya Agussalim juga berharap setelah mengikuti acara ini, para guru benar-benar mampu mengsikapi perkembangan teknologi yang semakin pesat dan dunia pendidikan kita khususnya di Kabupaten Aceh Timur melek teknlogi dan tentunya harus mampu bersaing keranah yang lebih tinggi. Untuk itu, ia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan kegiatan MGMP tersebut sehinggan harapan-harapan kita dengan melaksanakan acara ini, dapat terealisasi dengan maksimal.

Disisi lain, ketua panitia Muslim S. Ag, MA diruang kerjanya pasca acara menjelaskan bahwa acara tersebut memang telah dikonsep sedemikian rupa sehingga setiap guru yang menjadi peserta benar-benar paham dari apa yang disampaikan oleh pemateri.

“ Hal ini memang sudah kita rencanakan dari awal, bahwa setiap peserta yang telah hadir tidak hanya sekedar mengikuti kegiatan saja tanpa hasil apa-apa yang mereka dapat. Dan Alhamdulillah, sampai hari ini dimana acara sudah selesai beberapa hari yang lalu para peserta terlihat lebih mampu menguasai aplikasi tambahan sebagai media pembelajaran dan bahkan ada masih aktif mempelajarinya dengan mengulang-ulang materi, praktek dan konsultasi langsung dengan pemateri. Dan ini membuktikan semangat yang luar biasa dari para peserta pasca kegiatan tersebut”. Jelas Muslim.

Lebih lanjut Muslim mengatakan bahwa pihaknya juga siap jika memang para guru meminta untuk melaksanakan pelatihan khusus tentang media pembelajaran agar para guru dapat lebih memahami cara-cara penggunaannya dan mudah mengaplikasikannya kepada para siswa.

“Sebagai tingkat lanjut, mungkin jika memang para dewan guru bersedia kita akan coba membuat sebuah pelatihan khusus tentang penggunaan aplikasi tambahan media pembelajaran. Karena memang selama yang saya perhatikan, para guru masih sangat awam dengan dunia teknologi khususnya tentang media pembelajaran. []
Tags