Pemerintah Aceh Jadikan Aceh Timur Lumbung Utama Produksi Kedelai

Zaini Abdullah | Gubernur Aceh
IDI | Samudra News - Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan akan menjadikan Aceh sebagai lumbung kedelai nasional. Untuk mencapai hal itu, saat ini ada empat kabupaten utama sebagai penghasil kedelai di Aceh, yaitu Aceh Timur, Aceh Utara, Bireuen dan Aceh Barat Daya.

“Kita akan mengembangkan keempat daerah ini, khususnya Aceh Timur sebagai lumbung utama produksi kedelai,” kata Zaini Abdullah dalam acara peluncuran Gerakan Tanam Kedelai Nasional di Peunaroen, Aceh Timur, Sabtu 15 Desember 2012.

Menurut Zaini Abdullah, selain iklimnya yang cocok dan tersedianya lahan yang luas, dalam sejarahnya Aceh Timur juga pernah dikenal sebagai daerah penghasil kedelai di Sumatera. Namun karena harga yang tidak ekonomis ketika itu, kata Zaini, petani kemudian beralih ke tanaman yang lain.

Zaini Abdullah juga mengatakan, pada tahun 2013, Pemerintah Aceh akan mengembangkan areal tanaman kedelai seluas 1.500 hektare melalui sistem Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT).

“Kita juga akan lakukan di kabupaten lain yang potensial,” ujar Zaini Abdullah yang datang bersama Menteri Pertanian Suwono ke Peunaroen dari Medan.

Untuk merealisasikan keinginan itu, Zaini memberi kesempatan kepada semua pihak baik itu Pemerintah Pusat maupun pelaku bisnis untuk memberi dukungan berupa bibit unggul, teknologi pertanian, tenaga ahli dan pembiayaan.

“Pastinya dengan pola kemitraan yang sehat dan adil. Jika kerjasama ini bisa kita realisasikan, Insya Allah, Aceh akan menjadi lokomotif bagi gerakan swasembada kedelai di Indoneia,” kata Zaini Abdullah. [ap]
Tags