Bulog Langsa Sediakan 2.000 Ton Beras untuk 3 Bulan

LANGSA | Samudra News – Stok beras tahun 2013 untuk Kota Langsa, Aceh Timur, dan Aceh Tamiang aman hingga tiga bulan mendatang. Karena Forum Bulog Sub Divisi Regional Langsa telah menyediakan beras sekitar 2.000 ton.

Kepala Forum Bulog Sub Divisi Regional Langsa, Drs Johan Salem, didampingi Kasi Pelayanan Publik, Fadlen, Jumat (4/1) mengatakan, saat ini Bulog yang membawahi Kota Langsa, Aceh Timur, dan Aceh Tamiang, memiliki stok beras sekitar 2.000 ton. Jumlah beras tersebut diperkirakan mampu memenuhi kebutuhan beras selama tiga bulan (Januari- Maret) 2013.

“Stok beras tersebut termasuk pagu atau jatah beras mikin (Raskin) untuk disalurkan di tiga daerah kabupaten/kota tersebut. Namun jumlah pasti pagu raskin setiap kabupaten/kota tahun ini belum dikirimkan Kementrian Koperasi dan Kesejahteraan Rakyat (Kemenkesra) Pusat,”katanya.

Johan Salem menambahkan, sementara itu pihak Bulog Sub Divisi Regional Langsa juga menyediakan Cadangan Beras Pemerintah (CBP), yaitu penggunaannya dikhusukan untuk membantu masyarakat yang terkena bencana alam, seperti bajir, kebakaran, maupun bencana di laut atau nelayan tak bisa melaut, dan lainnya. Namun proses penyaluran beras CBP itu, dilakukan melalui mekanisme yang telah ditentukan.

“Misalkan daerah Langsa ada bencana, berarti untuk menyalurkan beras tersebut kepada masyarakat yang tertimpa musibah, Pemko Langsa melalui dinas terkait harus menyertakan surat permohonanan yang ditujukan kepada Bulog,”imbuhnya. [atn]