TNI Dapat Penyuluhan HIV-AIDS

0
Aceh Utara | SamudraNews - Aceh Utara | Samudranews : Kasus HIV-AIDS di Aceh mencapai 117 kasus, kusus tertinggi barada di Kabupaten Aceh Utara dengan jumlah 33 kasus atau 28 persen.

"Penularan HIV-AIDS dapat terjadi melalui transeksual, horizontal dan vertikal" kata Fadhli Djailani, Program Manager Yayasan Permata Atjeh Peduli (YPAP) saat dihubungi Samudranews melalui handphone, selepas mengisi kegiatan Penyuluhan Bersama dengan Kodim 0103 Aceh Utara tetang HIV-AIDS di Alua Makodim setempat, (26/8).

Penyuluhan HIV-AID di Aula Makodim 0103 Aceh Utara, Senin 26/8/2013. [dok.YPAP]
Menurut Fadhli, bila transeksual jelas akibat bergonta-ganti pasangan, sedangkan penularan secara  horizontal sama halnya seperti antara ibu dan anak balita, dimana ketika siibu yang sedang mengandung atau menyusui tertular HIV-AIDS maka si anak juga akan tertular.

"secara vertikal bisa berupa tranfusi darah atau peralatan medis yang tidak steril." lanjutnya

Melihat cara penularan penyakit HIV-AIDS ini, Fadhli berpendapat perlunya upaya sosialisasi terhadap seluruh lapisan masyarakat secara berkesinambungan, tidak terkecuali terhadap TNI.

"Jadi bukan saja penyuluhan atau sosialisasi tentang penyakik HIV-AIDS yang perlu diketahui seluruh lapisan  mansyarakat, tetapi peningkatan iman dan taqwa juga sangat penting untuk tidak tertularnya penyakit ini." terangnya.

Kegiatan tersebut dihadiri 35 orang dari prajurit TNI di lingkungan Kodim 0103 aceh Utara. Kegiatan ini juga merupakan agenda kerja sama antara YPAP dengan Kodim 0103 Aceh Utara dan rencananya akan diselenggarakan setiap bulannya dengan peserta yang berbeda.

"Dengan dibangunnya kerjasama ini, kami berharap prajurit TNI lebih memahami apa dan bagaimana itu HIV-AIDS"pungkas Fadhli, optimis.(red)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)