TNI Manunggal Pertanian di Sambas

0

KUBU RAYA | Samudra News - Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, yang diwakili Waaster Kasad Brigjen TNI Komarudin Simanjuntak atas perintahnya membuka acara Tanam Sadap Perdana Tanaman Karet dan Tutup Tanam Tanaman Padi di Kabupaten Sambas 2013, dalam amanat Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, yang dibacakan Waaster Kasad Brigjen TNI Komarudin Simanjuntak mengatakan, mudah-mudahan kerjasama antara TNI AD dan Kementrian Pertanian RI serta semua pihak yang terkait dapat dijadikan momentum untuk lebih meningkatkan kebersamaan dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani di Wilayah Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Senin (7/9).
Sementara Pangdam XII/Tanjungpura, memberikan amanat yang dibacakan oleh Kasdam XII/Tanjungpura Brigjen TNI M Anang Sutisna, S.E, M.Si mengatakan, Kodam XII/Tpr sebagai bagian dari komponen Bangsa wajib ikut serta dalam menyukseskan program Ketahanan Pangan Nasional. Hal ini sesuai yang telah diamanatkan UU No 34 Th 2004 tentang tugas TNI melalui OMSP (Operasi Militer Selain Perang) yaitu memberdayakan wilayah pertahanan dan membantu Pemerintah di daerah. Dalam tugas ini, Kodam XII/Tpr mempelopori dan mengajak kepada komponen bangsa lainnya terutama Pemerintah Daerah untuk bersama-sama menyukseskan program Ketahanan Pangan Nasional.

Selain itu, Kodam XII/Tpr juga akan berupaya mendorong dan mendampingi masyarakat dalam menyelenggarakan program ketahanan pangan sebagai langkah awal program Ketahanan Pangan daerah.

Lebih lanjut Kodam XII/Tpr, memberikan pelatihan dan pendidikan pertanian, juga mendampingi petani dengan melibatkan Komandan Koramil dan Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Hal lain dengan peternakan dan kesehatan hewan, Kodam XII/Tpr  membantu Pemerintah, dalam rangka mengembangkan populasi ternak di daerah perbatasan dengan cara memanfaatkan Danramil, Babinsa dan masyarakat untuk mendukung swasembada daging sapi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan peternakan khusunya wilayah perbatasan, jelasnya.[Alm]
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)