Penyuluh Garda Depan Keberhasilan Pertanian Di Aceh Timur

samudra-news.com | Aceh Timur - Tenaga penyuluh merupakan garda terdepan dan memiliki fungsi utama dalam menentukan keberhasilan sektor pertanian, perikanan dan kehutanan yang ada diwilayah Kabupaten Aceh Timu

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten II Sekdakab Aceh Timur Drs. Moch Mukhtar, M.AP dalam sambutannya pada pembukaan forum pertemuan tenaga penyuluh Se-Kabupaten tersebut yang tergabung dalam wadah Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) yang dilaksanakan Badan Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) setempat di Aula SKB, Selasa (22/4), yang juga dihadiri Kepala Dinas Pertanian Ir. Anas Johan.

“Untuk pencapaian hasil maksimal sebagaimana diharapkan, maka tenaga penyuluh baik PNS maupun Tenaga Harian Lepas (THL) harus mampu menegakkan kedisplinan dalam melaksanakan tugas, fungis dan tanggungjawabnya masing-masing,” ungkap Muchktar seraya meminta kepada Kepala BP4K Aceh Timur agar dapat melakukan penyegaran dilingkungan tenaga penyuluhan.

Terutama bagi tenaga penyuluh yang sudah bekerja 20 tahun keatas dapat digantikan dengan tenaga penyuluh yang muda-muda, tentunya hal itu untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yang membutuhkannya. “ Kita menghimbau juga melalui forum yang dilaksanakan ini nantinya mampu membuahkan sebuah terobosan guna peningkatan kinerja para penyuluh sendiri,” pinta Muckhtar.

Menyangkut aspirasi kesejahteraan para tenaga penyuluh yang telah disampaikan melalui forum tersebut, Muchktar menegaskan, semua persoalan itu baik prasarana pendukung dan lainnya akan disampaikan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) yang nantinya bisa diteruskan kepada Bupati Aceh Timur.

Kendatipun demikian, kepada tenaga penyuluh diharapkan bisa bekerja seoptimal mungkin dalam mendukung program yang telah dicanangkan Bupati Aceh Timur Hasballah M.Thaib pada sektor pertanian salah satunya adalah pengembangan perluasan arela tanam kedelai seluas 26000 hektar. “ Tak hentinya kita himbau tenaga penyuluh untuk bekerja sesuai fungsi dan tugasnya sehingga visi dan misi Bupati disektor pertanian bisa berjalan sukses,” demikian pinta Mukhtar.

Sementara itu, Kepala BP4K Aceh Timur, Ir.Lukman meminta kepada peserta agar menjadikan momentum pertemuan ini sebagai salah satu wadah silahturahmi sesama tenaga penyuluh untuk saling menukar informasi dan berbagi ilmu pengetahuan dari yang senior kepada juniornya.


Disebutkannya, adapun tenaga penyuluh yang mengikuti pertemuan tersebut yaitu berjumlah 244 orang yang bertugas diseluruh wilayah Kabupaten Aceh Timur. “ Kita berharap forum ini bisa bermamfaat dalam menunjang keberhasilan pengembangan kedelai Aceh Timur serta peningkatan swasembada beras nasional,” pungkas Lukman. []Mmg