saudara kembar bumi

samudra-news.com - Sebuah planet berbatu yang ditemukan baru-baru ini diperkirakan menjadi planet yang paling mirip dengan bumi walaupun letaknya berada di sistem tata surya yang berbeda.

Kepler-186f memiliki ukuran yang hampir sama persis dengan Bumi dan planet ini menempati “zona yang dapat ditinggali” dimana suhu udaranya cukup lembut dan memungkinkan adanya cairan permukaan air.

Jika planet ini memiliki danau atau samudera, maka hal ini akan semakin memperbesar kemungkinan perkembangan kehidupan ekstraterestrial (kehidupan diluar bumi) disana tetapi dengan resiko mendapatkan radiasi sinar matahari yang lebih banyak.

Penemuan yang diterbitkan di jurnal Science ini dinilai sebagai “petunjuk untuk menemukan planet yang dapat ditinggali”.

Kepler-186 adalah bintang “M-dwarf” berjarak 795 tahun cahaya yang ukurannya lebih kecil dan suhunya lebih dingin dari matahari. Planet ini beredar bersama lima planet terkenal lainnya dan planet merupakan planet terluar dalam lintasan tersebut.

Ukuran Kepler-186f hanya berbeda 0.1kali lebih besar dari bumi. Dari sekian banyak planet yang diduga dapat ditinggali, tak ada satupun yang ukurannya sangat dekat dan hampir sama dengan ukuran Bumi seperti planet ini.[]KoranOpini.com