PORA Aceh Timur : Hari Ke-4, Aceh Timur Raih 8 Emas

0
Atlit Renang Aceh Timur, Ahmad Syarief di lintasan dua hendak bersiap-siap melakukan start di cabang 200 meter gaya kupu-kupu putra.[]foto.SN
samudra-news.com | Aceh Timur -  Atlet Kota Banda Aceh dari hari pertama pelaksanaan Pekan Olahraga Aceh (PORA) Ke-XII Tahun 2014 hingga hari ke empat masih mendominasi perolehan medali 15 (emas), 7 (perak) dan 5 (perunggu). Hal tersebut sebagaimana yang dikeluarkan oleh Sistem Pekan Olahraga Aceh Timur (SIPORA-ATIM 2014), selasa (17/6) pukul 14.00 Wib.

Perolehan medali kontingen Banda Aceh ditempel ketat oleh kontingen dari tuan rumah kabupaten Aceh Timur sampai saat ini masih berada pada urutan kedua dengan perolehan, 8 (emas), 3 (perak) dan 9 (perunggu), disusul urutan ketiga Kota Sabang. Sedangkan Kabupaten Aceh Besar dan Kota Lhokseumawe berada pada urutan keempat dan kelima.

Masih dari sumber SIPORA-ATIM raihan medali Emas Kontingen tuan rumah diperoleh dari cabang olahraga Atletik, Pencak Silat, Panjat Tebing dan Angkat Besi masing- masing dari nomor 1.500 m Putri, 10 Km Jalan Cepat Putri, 5000 m Putri, 10.000 m Putri, 5.000 m Putri (atletik), Seni Ganda Putra (Pencak Silat), Speed Track Beregu Putra (Panjat Tebing) dan 48 Kg Putri (Angkat Besi).

Untuk medali perak Kontingen Kabupaten Aceh Timur diperoleh dari Cabang Olahraga (Cabor), Pencak Silat nomor Seni Regu Putra dan Putri dan Panjat Tebing nomor Tim Boulder Putri. Sedangkan untuk perolehan medali perunggu di peroleh dari Karate (Kumite Kelas Komite Beregu Putri dan Putra, Kumite Kelas + 68 Kg Putri, Kumite Kelas – 67 Kg Putra), Panjat Tebing (Speed Track Perorangan Putri), atletik (4 x 400 m Estafet Putra), Catur (Beregu Catur Cepat 15 Menit atau 20 Menit Putra), Panjat Tebing (Speed Record Beregu Putri), Angkat Besi (56 Kg Putra).

Sampai dengan hari keempat ini peringkat Kabupaten Aceh Timur dalam perebutan medali masih memuaskan, “semoga peringkat Kontingen kita dalam perolehan medali dapat terus dipertahankan sampai berakhirnya pelaksanaan PORA Ke-XII ini dengan meraih berbagai medali yang masih diperlombakan sehingga dapat memperbaiki peringkat dari pelaksanaan sebelumnya di Bireun),” ujar Wakil Ketua Seksi Media dan Humas yang juga Kabag Humas Setdakab Aceh Timur, T. Amran, SE.

Dari cabang Atlet Panjat Tebing Putra / Putri asal Kabupaten Simeulue atas nama Jimi Martolis dan Mega Lestari menambah perolehan  dua medali emas bagi kontingen Kabupaten tersebut setelah mampu mengalahkan lawan-lawannya pada Pekan Olah Raga (PORA) Ke – XII Tahun 2014 Kabupaten Aceh Timur, yang berlangsung di lokasi lapangan upacara Pusat Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur.

Keberhasilan kedua atlet Kabupaten Simeulue diraih dari nomor Bagan Speed Track Putra dan Putri, peraih perak dan perunggu Putra diraih Putra Agustoni (Aceh Utara), Heri Supriadi (Aceh Besar) dan Salihin Putra (Aceh Tengah). Sementara medali perak dan perunggu Putri diraih, Selviana MMW (Sabang), Khairul Rahmi (Aceh Timur) dan Magfirah (Aceh Besar).

Nomor Bagan Speed Track Panjat Tebing Putra dan Putri masing-masing diikuti 16 atlet masing-masing dari Kabupaten/Kota, Aceh Utara, Pidie Jaya, Aceh Tengah, Bireun, Aceh Besar, Aceh Tengah, Subulussalam, Aceh Barat, Simeulue Aceh Selatan, Sabang dan tuan rumah Aceh Timur.

Sedangkan Atlet putra tuan rumah, Mulyadi pada even PORA Ke-XII ini belum mampu berbuat banyak setelah dikandaskan atlet Kabupaten Aceh Utara peraih perak, Putra Agustoni (Aceh Utara) pada  babak ¼ Final. Berbeda dengan putra, panjat tebing putri Kabupaten mengirimkan dua atletnya atas nama Khairul Rahmi dan Asma Yuni namun keduanya harus bertemu di babak ½ Final yang dimenangkan Khairul Rahmi dan akhirnya harus puas meraih perunggu setelah dikalahkan atlet Sabang, Selviana MMW peraih medali perunggu pada ajang tersebut.

Keberhasilan dua atlet Simeulue tersebut meraih emas, diperoleh dari panitia pelaksana pertandingan (Technical Delegate), Saiful Azmi. Sementara pada pertandingan tersebut dipimpin oleh Presiden Juri, Nurthajono dan dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), M. Faisal.

Sementara itu dari cabang lah raga renang yang dilangsunkan di Banda Aceh, tuan rumah Aceh Timur masih mandul di lintasan renang Tirta Raya Banda Aceh. Sampai hari kedua pelaksanaan renang atlit Aceh Timur masih belum mampu menyumbangkan satupun medali yang diperebutkan dalam cabang renang ini dan ini merupakan sebuah temparan yang cukup bearti bagi tim tuan rumah terutama para pengurus Persatuan renang Seluruh Indonesia Aceh Timur (PRSI) dimana seharusnya tim tuan rumah yang secara nota bene lolos ke babak final tanpa harus mengikuti pra pora tetapi di babak final tidak mampu merebut satupun medali, bahkan tercatat perenang tuan rumah, Ahmad Syarief yg turun di 200 meter final gaya kupu-kupu putra di diskualifikasi di 50 meter pertama sehingga ambisi aceh timur untuk merebut sebuah mendali menjadi pupus. Di cabang ini atlit kota lhokseumawe berhasil merebut emas, perakdiraih oleh Dwi jitrda Afridoh asal Aceh Selatan dan perunggu diraih Agung perenang asal Aceh Besar.

Dalam cabang renag hari kedua ini, Selasa, (17/06/14). kota sabang masih mendominasi perolehan medali dan masih menduduki peringkat pertama perolehan medali sementara. Namun Banda Aceh berhasil mengeser peringkat Aceh Selatan dimana pada hari pertama Aceh Selatan berada di posisi kedua perolehan sementara medali. Di hari kedua ini Banda Aceh memperoleh 2 medali emas dan satu perunggu, sementara Aceh Selatan hanya menambah koleksi 1 emas, tiga perak. Sementara itu, Sabang, Aceh Barat Daya (ABDYA), Bener Meriah dan Lhokseumawe hanya menyumbangkan 1 emas.

Perolehan sementara medali dari cabang Olah Raga Renang pada PORA Ke-XII Aceh Timur di Lintasan Renang Tirta Raya Banda Aceh Tahun 2014.

No
Kabupaten/Kota
Emas
Perak
Perunggu
1
Kota Sabang
4
2
-
2
Kota Banda Aceh
4
1
2
3
Aceh Selatan
3
4
3
4
Aceh Barat Daya (ABDYA)
2
3
2
5
Bener Meriah
2
2
1
6
Kota Lhokseumawe
2
1
2
7
Aceh Tenggara
-
3
5
8
Aceh Besar
-
1
1
9
Aceh Timur
-
-
-
10
Aceh Tamiang
-
-
-
11
Kota Langsa
-
-
-
12
Aceh Tengah
-
-
-
13
Aceh Singkil
-
-
-
14
Subulussalam
-
-
-
15
Aceh Utara
-
-
-


| Mmg 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)