Tingkatkan SDM, Pemkab Aceh Timur Laksanakan Bimtek LPPD dan Suplemen LPPD.

0
Asissten III Bidang Administrasi Umum, Syafrizal, SH sedang memberikn kata sambutan pada acara Bimbingan Teknis Pelaksanaan Kegiatan Penyususnan laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Pengisian Suplemen LPPD. 
Samudranews.com - ACEH TIMUR| Untuk mendukung pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah tentunya tidak terlepas dari bagaimana tata pemerintahan dengan baik, praktik pemerintahan yang baik bagi masyarakat bahwa pengelolaan dan keputusan manajemen public harus transparan dan akuntabel. Dalam konteks akuntabel pemerintah tidak dapat mnganggap bahwa masyarakat itu semata-mata hanyalah sebaai konsumen pelayanan public, akan tetapi dituntut adanya kemampuan untuk memperlakukan masyarakat yang mempunyai hak-hak dasarnya sebagai warga Negara.

Upaya pembinaan dan pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan merupakan alah satu variable penting untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yan baik, diharapkan dapat meminimalisir diiasi yang dilakukan oleh aparatur, langkah ini tentunya harus diiringi dengan peningkatan kapasitas aparat pemerintahan.

Oleh sebab itu pada Rabu, 4/3/15 bertempat di Aula Serbaguna, pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui bagian Pemerintahan Umum Setdakab Aceh Timur meyelengarakan Bibimbingan Teknis pelaksanaan kegiatan penyususnan laporan Penyelenggaraan pemerintahan Daerah dan Pengisian Supleen LPPD Kabupaten Aceh Timur Tahun 2015 yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 4 sampai dengan 5 Maret 2105.

Pada dasarnya laporan penyelenggaraan pmerintahan daerah (LPPD) merupakan suatu hasil pengolahan data yang urgen terhadap indicator kinerja kunci dan capaian kinerja pada tataranpengamblan kebijakan dan pelaksanaan kebijakan. Hal tersebut dikatakan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur, Syafrizal, SH ketika membuka acaratersebut.

Lebih lanjut ia menjelaskan bimbingan teknis pelaksanaan kegiatan penyususnan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah (LPPD) dan pengisian suplemen yang dilaksanakan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya aparatur dalam menyususn laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pengisisan suplemennya yang dibangun dan dikembangkan dalam rangka perwujudan pertangungjawaban tugas pokok dan fungsi serta pengelolaan sumber daya pelaksanaan kebijakan dan programyang dipercayakan kepada setiap instansi pemerintah guna meningkatkan kinerja penyelengaraanpemerintah daerah menuju tata kelola pemerintahan yang baik.

Sementara itu kepala Bagian pemerintahan Umum Setdakab Aceh Timur, Muhammad Adami, BA dalam laporanya mengatakan, tujuan utama pelaksanaan bimbingan teknis ini adalah dalam rangka menfasilitasi teknis-teknis penyusunan laporan dan pengisisan suplemen guna bertambahnya pengetahuan serta meningkatkan kualitas sumbe daya aparatur dilingkunggan pemerintah Kabupaten Aceh Timur dalam penyusunan laporan LPPD dan suplemen LPPD.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jumlah peserta Bimbingan Teknis Pelaksanaan Kegiatan Penyususnan laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Pengisian Suplemen LPPD sebanyak 68 orang peserta yang terdiri dari pejabat-pejabat structural diligkunggan Dinas, Badan an Kantor serta bagian-bagian Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRK dengan menghadirkan narasumber berasala dari para tenaga ahli dari biro tata pemerintahan Aceh ibantu oleh Kabag pemerintahan Umum dan Kasubag Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Kabupaten Ach Timur.

| Arjuna

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)