ARPUS Aceh Adakan Roadshow Perpustakaan dan Story Telling

0
Samudra News
roadshow Perpustakaan dan Story Telling Tahun 2015 
samudranews.com-Aceh Timur - Membaca membuka cakrawala dunia”. Sebuah kiasan yang sering kita dengarkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun ungkapan tersebut nampaknya jarang bahkan tidak kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Membaca buku masih dianggap hal yang tidak perlu kecuali bila kita membutuhkan sebuah informasi semata. 

Menyikapi hal tersebut, badan arsip dan Perpustakaan Aceh melalui kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Aceh Timur, pada selasa 14/04/15 telah  mengadakan acara roadshow Perpustakaan dan Story Telling Tahun 2015, yang dilangsungkan selama 1 (satu) hari,i dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur, yang dalam hal ini mewakili Bupati Aceh Timur.

Dalam sambutannya saat membuka Acara Roadshow Perpustakaan Dan Story Telling Tahun 2015, Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur, SAFRIZAL,S.H,M.AP mengatakan, dalam rangka membangun karakter bangsa indonesia yang maju dan cerdas melalui kebiasaan membaca, adalah merupakan prasyarat terwujudnya masyarakat indonesia yang sejahtera, hal ini telah disepakati dan tertuang dalam uud 1945. Untuk itu berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah dan seluruh masyarakat baik melalui media formal, nonformal/informal, salah satunya yaitu melalui perpustakaan sebaga sarana belajar sepanjang hayat. Menjadi manusia yang cerdas tidak cukup dengan belajar sampai jenjang pendidikan formal saja tetapi harus selalu belajar dalam sepanjang hidup kita dan satu-satunya cara belajar yang mudah dalam sepanjang hayat kita adalah dengan membaca yang dapat kita lakukan kapan saja dan dimana saja. 

Dengan maksud tersebut diatas diharapkan kegiatan yang ada di perpustakaan dapat mendorong tumbuhnya kegemaran membaca bagi kita semua mulai dari anak sejak dini, usia sekolah (remaja), dewasa hingga lanjut usia sehingga terwujud masyarakat yang berbudaya baca, cerdas dan sejahtera. Dan kegiatan roadshow perpustakaan dan story telling ini merupakan salah satu cara mengkampanyekan pentingnya perpiustakaan dan kegemaran membaca karena bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki budaya baca yang tinggi dan menghargai perpustakaan sebagai sumber belajar.

Sementara itu dalam sambutannya Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh, DRS. ANAS M.ADAM, M.Pd mengatakan membangun kebiasaan membaca bukanlah pekerjaan yang mudah, tidak hanya cukup dengan membeli buku dan membuat perpustakaan. Pada zaman informasi seperti saat ini, menemukan sumber informasi bukanlah pekerjaan sulit akan tetapi ironisnya minat baca masyarakat tetap saja rendah. Hal ini menunjukkan bahwa rendahnya minat baca bukan hanya diakibatkan oleh ketiadaan sumber informasi senata akan tetapi merupakan kondisi psikologis atau mentalitas seseorang. Diakhir sambutannya kepala badan arsip dan perpustakaan aceh mengharapkan, perpustakaan aceh timur akan dapat menjadi fasilitator untuk pengembangan budaya baca, pemkab aceh timur dalam hal ini bupati aceh timur dapat menyediakan akses lebih banyak fasilitas untuk masyarakat terutama dipedesaan melalui perpustakaan keliling dan mengadakan pembinaan perpustakaan sekolah sehingga dapat terbentuk pustaka SD inti, SMP dan SMA percontohan.

Dalam laporannya, Kepala Kantor Perpustakaan Dan Arsip Aceh Timur, SUBKI, SE mengatakan pelaksanaan kegiatan ini merupakan kerjasama Badan Arsip Dan Perpustakaan Pemerintah Aceh dengan Kantor Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Aceh Timur yang bertujuan meningkatkan dan pengembangan minat dan budaya baca anak didik untuk mencerdaskan masyarakat aceh pada umumnya dan masyarakat aceh timur pada khususnya. Kegiatan roadshow akan diikuti oleh 103 orang terdiri dari masing-masing 25 siswa SD/SMP/SMA didampingi guru pendamping. Sedangkan kegiatan story telling diikuti oleh 100 orang murid TK ditambah 20 orang guru pendamping.

| Arjuna

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)