Ulama Muda Sebagai Penerus Ulama Masa Depan

0
Ayah Bukhari sedang memberikan pemaparan kepada para santri-santri muda se Aceh Timur
SamudraNews.com | Aceh Timur - Ulama dalam masyarakat Aceh merupakan salah satu kelompok yang amat penting, antara lain posisinya sebagai pemimpin informal. Dalam sejarah masyarakat Aceh, terdapat hubungan yang sangat baik antara ulama, masyarakat dan pemerintah, hal ini dapat dilihat ketika terjadi keharmonisan antara mereka, bahkan ulama sendiri diangap sebagai orang yang paling dihormati dan disegani ditengah-tengah masyarakat oleh karena itu posisi ulama berada di barisan terdepan dalam tatanan hidup masyarakat.

Sejak jaman dahulu, di Aceh banyak ulama-ulama yang terkenal, bukan saja di Nusantara akan tetapi juga sampai Asian Tenggara. Namun seiring perkembangan jaman dan usia mereka yang juga tergolong tidak muda lagi, banyak sudah ualam-ulama besar Aceh yang begitu kharismatik telah tiada dan telah kembali menghadap Ilahi Rabi sehingga jumlah ulama-ulama besar nan kharismatik tersebut semakin berkurang jumlahnya.

Menghadapi dilemma tersebut, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Badan Majelis Permusyawaratan Ulama mengadakan pelatihan Kader ulama Muda se Aceh Timur yang direncanakan akan berlangsung selama sepekan yakni sejak tanggal 19 sampai dengan 25 Mei 2015 bertempat di Aula Kantor Kemenag Aceh Timur dengan tema “ Meningkatkan Wawasan Keagamaan dan Kaderisasi Ulama”.

Menurut Drs.Husni Wahab selaku sekretaris MPU Aceh Timur mengatakan, maksud dan tujuan diadakan pelatihan Kader Muda Ulama ini guna meneruskan peran ulama di Aceh Timur khususnya dan Provinsi Aceh pada umumnya. “kita ketahui bahwasannya jumlah ulama kita semakin hari semakin berkurang, jadi dengan adanya pelatihan ini kita mampu mengkaderkan ulama-ulama muda ini nantinya menjadi ulama besar dan kharismatik sehingga Aceh tetap memiliki ulama-ulama besar nantinya” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan pelatihan kader ulama muda ini untuk Aceh Timur sendiri ini merupakan ketiga kalinya kita laksanakan, bearti sudah tiga tahun sejak 2013 lalu dan memang pelatihan ini kita rencanakan akan dilaksanakan setiap tahunnya.

Untuk pelatihan Kader Ulama Muda Tahun ini diikuti sebanyak 48 peserta dari seluruh kecamatan Aceh Timur yang bearti setiap Kecamatan diikuti oleh dua orang santri Dayah/Pesantren.

Sementara itu, Ketua MPU Aceh Timur, Tgk. H. Buhari Hasan atau yang krab dipanggil dengan Ayah Leugee dalam sambutannya mengatakan ia secara pribadi sangat menyambut positif dengan diadakannya Pelatihan Kader Ulama Muda di Aceh Timur, karena Pelatihan ini bertujuan untuk melatih dan mempersiapkan ulama-ulama muda yang berwawasan pengehtahuan keagamaan yang luas dan mampu memnjadi pemimpin umat dimasa-masa yang akan datang mengantikan para ulama kita yang telah wafat dan berplang Kerahamatullah.

Oleh karena itu ia sangat mengharapkan mari kita ikuti pelatihan ini dengan sunguh-sunguh dengan memanfaatkan forum ini sebaik mungkin sekaligus kita berdiskusi tentang hal-hal yang menyangkut dengan hukum Islam, wawasan keagamaan dan insya Allah kita bia menjadi kader ulama yang baik, menjadi pautan bagi umat serta tercapai tujuan dan harapan kita semua “pungkasnya. Hadir antara lain dalam acara Pelatihan Kader Ulama Muda ini yakni Tgk. M. Nur Kenire, Tgk. Azharuddin, Kasi Bimas Kemenag Aceh Timur, Drs. Ahmad, M.A. 
 
| Arjuna
 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)