BKKBN PP Kota Langsa Sosialisasikan PUG

0
samudranews.com | LANGSA - Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Pemberdayaan Perempuan (BKKBN PP) Kota Langsa mengelar Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Sosialisasi tentang Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) di Aula setempat, Kamis (4/6/2015).

Sosialisasi ini adalah salah satu program percepatan Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) di lingkungan SKPK Kota Langsa dan dibuka oleh Sri Kemala Sari dan didampingi T Ratna Laila Sari.

menurut Sri Kemala Sari, Pengarustamaan Gender atau disingkat PUG adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia, rumah tangga, masyarakat dan negara.

Dan melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki kedalam perencanaan, pelaksanaan,  pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program di berbagai bidang kehidupan dan pembangunan.

"Dengan PUG maka semua program pembangunan dapat dilaksanakan dengan mempertimbangkan kesempatan dan akses perempuan terhadap program pembangunan, serta dengan adanya kendali dan manfaat untuk perempuan,"jelas Sri Kemala yang juga politisi dari Partai Nasdem.

Hal lain yang disampaikan, pada prinsipnya penerapan Perencaan Pengangaran Responsif Gender (PPRG) menjadi kewajiban seluruh tugas para perencanaan dan pembuat kebijakan disetiap SKPK.

Sementara itu, T Ratna Laila Sari anggota Dewan dari Partai Demokrat, mengatakan,"
Syukur Alhamdullilah sosialisasi PUG ini bisa berjalan sehingga posisi wanita setara dengan laki-laki, kita memberikan apresiasi pejuang terdahulu kita yang telah memperjuangkan emansipasi wanita dan kedudukan wanita jangan dipandang sebelah mata, dan dengan kegiatan ini, para wanita Kota Langsa dapat memahami apa itu gender," Jelas Ratna.

Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana dalam laporanya, Dra Chairiah, kegiatan sosialisasi PUG ini didanai dari usulan kegiatan anggota DPRK Langsa yang sudah mau memberikan usulan kegiatan tersebut serta diikuti oleh 53 SKPK seluruh Kota Langsa.

"Kami sangat berterimakasih kepada anggota DPRK Kota Langsa, Sri Kemala Sari dari Partai Nasdem dan T Ratna Laila Sari dari Partai Demokrat yang sudah mau menitipkan usulan kegiatanya kepada kami," kata Chairiah.


| Alam
 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)