LSM AHF Imbau Pemerintah Selesaikan Kemelut Sipil Bersenjata

0
samudra news, din minimi, kota langsa
Din Minimi Cs diakomodir agar tidak ada konflik baru
Samudra News | KOTA LANGSA - Ketua LSM AHF (Aceh Human Foundation) Abdul Hadi Abidin menghimbau Pemerintah Aceh menjadikan bulan suci Ramadhan sebagai momentum penyelesaian konflik dan kesenjangan sosial seperti persoalan Din Minimi Cs yang berujung kemelut bersenjata.

"Saya berharap di bulan penuh berkah ini Pemerintahan Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf (Zikir) dapat menyelesaikan pergerakan sipil bersenjata dengan penuh kedamaian, kesejukan dan kekeluargaan," ungkap Abdul Hadi yang akrab disapa Adi Maros ketika dihubungi dari Langsa, Kamis sore (25/6)

Dikatakan, persoalan Din Minimi adalah ekses kekecewaan atas janji politik Zikir semasa kampanye. Lantas pemerintah malah mempertajam perbedaan pandangan diantara keduanya.

Sejatinya, lanjut dia, Din Minimi Cs diakomodir agar tidak ada konflik baru yang dapat memecah-belah sesama.

"Harusnya pemerintah Zikir melihat ini dengan bijak dan memenuhi tuntutan mereka bukan malah menyerang," papar Adi.

Menurutnya, apa yang dituntut kelompok Din Minimi adalah sebuah kewajaran. Dimana pemimpin diminta merealisasikan janjinya. Sudah menjadi kewajiban Gubenur untuk menyejahterakan rakyatnya. Terlebih warga miskin, para janda dan anak yatim korban konflik.

Adi Maros sangat menyayangkan gubernur dan wakil gubernur yang tidak mumpini dalam meramu perencanaan pembangunan Aceh. Padahal, sambungnya, begitu banyak uang yang dikucurkan Pemerintah Pusat. Akan tetapi dikelola dengan amburadul yang akhirnya harus dikembalikan lagi ke pusat.

Disebutkan, seharusnya gubernur bisa merancang pembangunan yang menyentuh akar permasalahan masyarakat Aceh. Bukan malah memperkaya diri dan kroninya.

"Bila dikelola dengan baik dan memperhatikan penderitaan rakyat miskin di pelosok daerah, tentu tidak akan ada gerakan perlawanan menuntut keadilan seperti yang dilakukan Din Minimi," ujar Adi Maros.

Karenanya, Adi Maros meminta kemuliaan dan kerendahan hati gubenur dan wakil gubernur untuk melakukan langkah persuasif dalam menyelesaikan kemelut bersenjata yang digawangi Nurdin alias Din Minimi Cs.

"Saya yakin gubernur tidak tega melihat nyawa bangsanya kembali melayang karna memperjuangkan ketidakadilan," seru Adi.

Sekali lagi Adi Maros menghimbau Pemerintah Aceh untuk berfikir dengan kepala dingin dan mengedepankan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan.

Mari jadikan Ramadhan sebagai bulan suci penuh berkah, kedamaian dan menghilangkan silang pendapat menuju Aceh makmur, sejahtera, damai dan religius, pintanya.

Ia juga menyatakan siap untuk menjadi fasilitator dalam memfasilitasi mediasi antara Pemerintah Aceh dan kelompok Din Minimi. "Saya siap melakukan mediasi. Semoga Ramadhan ini penuh berkah," pungkas, Adi Maros.

| Alam

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)