Sekda Aceh Timur Buka Bimtek Keprotokolan

0
Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Timur, M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP sedang memberikan pengarahan ketika membuka acara
Samudranews.com - Aceh Timur | Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Timur, M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP, membuka acara Bimbingan Teknis Keprotokolan Tahun 2015 yang dilaksanakan oleh Bagian Humas dan Protokol Setdakab Aceh Timur. Acara tersebut berlangsung selama dua hari sejak tanggal 9 sampai 10 Juni 2105 yang dikuti sebanyak 75 orang peserta dari semua SKPK dan juga Kecamatan yang berada dalam wilayah pemerintahan Aceh Timur dengan menghadirkan narasumber yang berasal dari biro Umum Provinsi Aceh.
 
Acara ini dilaksanakan bertujuan agar PNS dapat memahami dan meningkatkan tugas keprotokolan baik dilingkungan Pemerintah Aceh Timur ataupun dilingkungan tempat mereka bertugas sehari-hari. Bimtek Keprotokolan ini dilaksanakan di Aula Gedung Serbaguna Idi, Selasa 9 Juni 2015.
 
Sekretaris Daerah Aceh Timur M. Ikhsan Ahyat, STP, M.AP dalam sambutannya mengatakan, pengetahuan tentang keprotokolan sangat penting, karena sukses atau tidaknya suatu acara tergantung kepada petugas protokoler pada acara tersebut,” sebab peran seorang protokol tidak kalah penting dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi Pemerintahan yang terkait sukses tidaknya penyelenggaraan suatu kegiatan,” katanya.
“Karena disetiap pelaksanaan acara resmi dan kenegaraan, pasti tidak terlepas dari aturan keprotokolan dalam suksesnya sebuah acara, dengan menjunjung nilai sosial dan budaya bangsa serta merupakan ungkapan pengakuan kedudukan tertentu,” ujar M. Ikhsan, dengan kata lain protokol merupakan serangkaian aturan atau tata cara dalam menyelenggarakan suatu acara agar dapat berjalan dengan tertib, hikmat, rapi, lancar dan teratur dengan memperhatikan ketentuan keprotokolan yang berlaku,” Untuk menjadi protokol yang berkompoten dalam menangani acara resmi maupun kenegaraan, dibutuh tiga hal yaitu, Pengetahuan (Knowledge), Kemampuan (Skill) dan Sikap (Attitude), ketiga hal tersebut haru dimiliki oleh petugas protokol dalam mendukung penguasaan kegiatan protokolan,” jelas M. Ikhsan.
 
Sebelum mengakhiri sambutanya, M. Ikhsan, keprotokolan ini sebagai upaya melahirkan aparatur yang paham dan mengerti tentang keprotokolan, sehingga kedepan kegiatan ataupun acara-acara yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar,” demikian katanya seraya berharap kepada seluruh peserta bimtek agar benar-benar mengikuti dengan sebaik-baiknya kegiatan ini untuk menambah pengetahuan serta wawasan yang nantinya dapat bermanfaat.
 
Sementara itu Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur, Drs Zahri, M.AP dalam laporanya menyampaikan, penyelenggaran bimtek keprotokolan ini dalam upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam hal pelayanan dibidang keprotokolan sesuai dengan Undang-undang yang berlaku. Maka dalam hal ini dipandang perlu untuk diadakanya bimbingan teknis mengenai keprotokolan, guna untuk menyatukan persepsi antar aparatur protokol baik ditingkat SKPK dan Kecamatan dalam lingkup Kabupaten Aceh Timur,
 
Lebih lanjut, Zahri mengatakan, bimtek ini dilaksanakan untuk meningkatkan kinerja aparatur protokol dan meningkatkan sistem pelayanan keprotokolan,”demikian pungkasnya.
 
| Arjuna.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)