Pemerintah Berharap BWI Lebih Aktif



SamudraNews.com-Aceh Timur ,Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur memgharapkan Badan Wakaf Indonesia Indonesia (BWI) Perwakilan Kabupaten Aceh Timur, lebih aktif dalam mendata dengan baik. hal itu penting agar harta wakaf yang merupakan potensi besar umat Islam dapat dikembangkan secara produktif.

"Tugas dan wewenang BWI adalah melakukan pembinaan terhadap nazir dalam mengelola dan mengembangkan harta benda wakaf dengan baik," kata Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM.Thaib, SH, melalui Asisten II Setdakab Aceh Timur, H. Usman A. Rachman, SH, MM, dalam Pelantikan Pengurus BWI Aceh Timur Periode 2019-2021 di Aula Kantor Kemenag Aceh Timur di Idi, Selasa (19/11).

Dia juga berharap, seluruh komponen masyarakat mendukung seluruh program pengembangan dan pembinaan yang dilakukan BWI nantinya, termasuk upaya untuk mensertifikasi seluruh harta wakaf yang nantinya tentu akan bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Aceh Timur. "Selamat kepada Pengurus BWI Aceh Timur yang telah dilantik, semoga kedepan harta wakaf semakin tertata," harap H. Usman A. Rachman.

Asisten II Setdakab Aceh Timur menambahkan, tiga hal penting yang perlu diketahui dalam wakaf yaitu pertama menentukan potensi wakaf untuk menyelamatkan harta wakaf. Kedua mengelola wakaf yang sudah ada, baik tanah kebun, tanah tambak, rumah atau harta benda lainnya dan ketiga adalah mengawasi seluruh harta wakaf yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan agama.

"Kami harap Kemenag Aceh Timur dan BWI Aceh, terus mendukung seluruh program BWI Aceh Timur dan melakukan pembinaan demi kemajuan BWI ini ke arah yang lebih baik, sehingga harta yang sudah diwakafkan benar-benar dimanfaatkan sesuai dengan lafaz orang memberi wakaf sejak awal," sebut H. Usman A. Rachman, SH, MM.

Pengurus BWI Aceh Timur Periode 2019-2021 antara lain Tgk. H. M. Iqbal Hanafiah, MA (Ketua), H. Ahmad Fauzi, MA (Sekretaris) dan H. Akli Zikrullah, MH (Bendahara). Pelantikan dipimpin Ketua BWI Propinsi Aceh, DR. Gani Isa, M.Ag. Hadir antara lain Kepala Kantor Kemenag Aceh Timur, H. Arijal, M.Si, para kepala KUA dan pemuka agama Se-Aceh Timur.