Aktivis dan Mahasiswa Thailand Belajar Demokrasi ke Aceh

BANDA ACEH | Samudra News - Lima aktivis dan mahasiswa yang berasal dari daerah Pattani, Thailand Selatan, mengunjungi Aceh untuk belajar tentang demokrasi, budaya dan sejarah gerakan kemanusiaan di Aceh.

Mereka datang ke Aceh sejak kemarin, Senin 12 November 2012. Para mahasiswa dan aktivis itu datang ke Aceh untuk memenuhi undangan program dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.

Mereka selanjutnya akan ditempatkan di LBH Banda Aceh. Di Aceh, selain belajar tentang demokrasi dan kemanusiaan mereka juga belajar tentang hubungan sejarah antara Aceh dan Pattani.

Kelima orang itu memiliki latar belakang berbeda, mulai dari aktivis kebudayaan, pengacara, jurnalis dan aktivis mahasiswa.

Ketika dijumpai di LBH Banda Aceh mereka bercerita tentang konflik yang kini terjadi di Pattani. Menurut mereka apa yang terjadi di Pattani sama dengan yang terjadi di Aceh pada masa konflik.

"Kami ingin belajar bagaimana proses perdamaian yang terjadi di Aceh dan pembangunan setelah perdamaian," kata Nawawi, salah seorang aktivis Pattani. [ap]