Rayakan Tahun Baru Islam, MUNA Aceh Timur Gelar Pawai Akbar

IDI | Samudra News – Majelis Ulama Nanggroe Aceh (MUNA) Aceh Timur, melaksanakan pawai Akbar dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1434 Hijriah, Kamis 15 November 2012. Pawai tersebut melibatkan ratusan kendaraan berbagai jenis.

Acara tersebut dikoordinir langsung oleh Ketua MUNA Aceh Timur, Tgk Ahmadi Mustafa. Peserta pawai mengumandangkan salawat badar di sepanjang jalan negara kawasan Aceh Timur. Pawai ini diikuti oleh MUNA dalam 24 kecamatan yang mengirim sekitar 20 hingga 30 orang untuk mengikuti acara tersebut. Selain itu, peserta juga berasal dari dayah di Aceh Timur.

Peserta pawai berkumpul di halaman Kantor Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur untuk mengikuti acara pembukaan pawai serta menerima ceramah agama dan siraman rohani dari Tgk. Muhammad Ali atau Abu Paya Pasai, Pimpinan Dayah Bustanul Huda.

Iring-iringan peserta pawai akbar tersebut bergerak dari Kecamatan Birem Bayeun menuju perbatasan Aceh Timur, Kecamatan Madat dengan menggunakan kendaraan roda empat, dan mendapat pengawalan dari Ford Rider Mapolres Aceh Timur.

“Pawai Akbar ini diselenggarakan setiap tahunnya, jadi pawai ini jangan dijadikan sebagai acara seremonial saja namun lebih untuk menjadikan kebesaran tahu baru Islam," ujar Ketua MUNA Aceh Timur, Tgk Ahmadi.

Katanya, peringatan 1 Muharram ini diharapkan dapat memperdalam ilmu agama Islam agar lebih baik serta bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-sehari, "sehingga tujuan untuk penegakan Syariat Islam segera terwujud secara kaffah dibumi Aceh Serambi Mekkah yang kita cintai ini," tutur Tgk Ahmadi.

Acara tersebut dihadiri Syaifannur selaku Sekda Aceh Timur, Tgk Alauddin sebagai Ketua DPRK Aceh Timur, Kasat Intel Polres Aceh Timur Iptu Revindo Pradikta Rolando, Danramil Kecamatan Birem Bayeun Kapten Inf Wirdaman, Camat Birem Bayeun dan sejumlah peserta pawai undangan. [ap]
Tags