Dewan Minta Wali Kota Langsa Tertibkan Pedagang di Jalan Iskandar Muda

Ir. Joni | Anggota DPRK Langsa
LANGSA | Samudra News - Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Langsa, Minggu 30 Desember 2012, meminta Wali Kota Usman Abdullah, untuk segera menertibkan pedagang kaset DVD serta aksesoris lainnya, yang masih ngotot berjualan di Jalan Iskandar Muda Kota Langsa.

“Para pedagang tersebut sudah melanggar kesepakatan yang telah dibuat sewaktu mereka akan dipindahkan ke lokasi sekarang," ujar Ir Joni, Anggota DPRK Langsa dari Fraksi Partai Demokrat.

Menurutnya, berdasarkan kesepakatan awal, para pedagang diperbolehkan berjualan di jalan tersebut, asalkan membuka kios dagangannya mulai pukul 16.00 WIB hingga malam hari. Setelah itu, kios dagangannya juga harus disimpan sementara ke tempat lain.

Sayangnya, kata Joni, sejak beberapa bulan terakhir ini, para pedagang tersebut membuka kiosnya dengan permanen. Dimana, para pedagang tersebut, berjualan mulai dari pagi hari dan kios dagangannya tidak disimpan ke tempat lain. “Itu artinya, para pedagang tersebut telah melanggar perjanjian,” kata dia.

Keberadaan kios-kios dagangan tersebut, dinilai telah membuat kumuh Kota Langsa. Selain itu, keberadaan kios disana juga mengakibatkan arus lalu lintas di sepanjang Jalan Iskandar Muda sering macet, terutama saat pagi dan sore hari.

Selain itu, ujar wakil rakyat tadi, dengan membuka lapak dagangannya secara permanen, maka para pedagang ini juga telah menutupi pedagang yang berjualan di Rumah Toko (Ruko) di sepanjang jalan tersebut. Pasalnya, posisi lapak pedagang kios itu tepat berada di depan pedagang Ruko.

"Permintaan ini saya sampaikan atas keluhan pedagang lain di Ruko," kata Joni. [ap]

Tags