Ratusan Siswa di Langsa Ikut Roadshow Gerakan Nasional Indonesia Membaca

LANGSA | Samudra News – Ratusan siswa SMA se-Kota Langsa mengikuti road show Perpustakaan Nasional Gerakan Nasional Indonesia Membaca di Aula SMKN 2 Langsa, Kamis, 20 Desember 2012.

Road show bertema Membangun Karakter Bangsa Melalui Kebiasaan Membaca tersebut akan berlangsung sehari penuh. Selain siswa juga diikuti oleh mahasiswa di Langsa, guru, masyarakat umum dan sejumlah perwakilan dari SKPK Langsa.

Nara sumber acara tersebut adalah anggota Komisi X DPR RI Muslim, Kepala Pustaka Langsa Iskandar, Kepala Perpustakaan Nasional RI yang diwakili oleh Sugiyanto. Dalam pemaparan materinya, Muslim menyampaikan jika rata-rata siswa memilih untuk menonton sinetron dibandingkan membaca.

“Bukan tidak boleh menonton, tetapi lebih bagus jika sambil membaca. Karena dengan membaca kita menjadi cerdas, menambah wawasan dan kita harus yakin suatu saat bisa jadi pemimpin, tapi kita harus mempersiapkan diri,” katanya.

Sementara Sugiyanto dalam sambutannya mengatakan, di negara maju membaca sudah menjadu kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Di setiap saat dan berbagai tempat, seperti di kereta api, di bis, di taman, atau di tempat umum lainnya sangat sering ditemui orang yang asyik membaca.

Dari gambaran tersebut katanya sepertinya mereka merasa rugi jika waktunya tidak digunakan secara optimal dan efisien untuk melakukan hal yang bermanfaat.

“Posisi perpustakaan dalam pembangunan semakin tampak jelas, perpustakaan merupakan lembaga yang patut dan perlu dipertimbangkan kesejajarannya terhadap lembaga sekolah sebagai lembaga fungsional pencerdasan kehidupan masyarakat di luar satuan pendidikan,” katanya.

Karena itu katanya, ia mengajak seluruh masyarakat dan jajaran pemerintah serta pemuka masyarakat secara sinergi dan kooperatif bersama-sama terus membiasakan diri berkunjung perpustakaan. Ia juga meminta masyarakat untuk ikut aktif berkampanye gerakan membaca. [ap]
Tags