Rektor Lepas Keberangkatan Peserta KPM Unsam Angkatan XI

Langsa – Rektor Universitas Samudera (Unsam) Langsa Drs Bachtiar Akob MPd melepas keberangkatan 1674 peserta Kuliah Pengadian Masyarakat (KPM) Angkatan XI yang bertempat di halaman parkir kampus setempat, Minggu (10/2/2013).

Pada acara pelepasan peserta KPM tersebut, para peserta juga peusijeuk oleh Rektor Drs Bachtiar Akob MPd, Drs Djamaluddin AR selaku Ketua Yayasan Unsam serta oleh Syamsuddin Latif dari pihak yayasan.

Ketua panitia pelaksana yang juga Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswa, Ir Anas Johan MM dalam laporannya mengatakan adapun 1674 peserta tersebut berasal dari 5 fakultas dengan rincian Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) berjumlah 662 orang, Fakultas Tehnik (FT) 99 orang, Fakultas Hukum (FH) 164 orang dan Fakultas Ekonomi (FE) 487 orang serta Fakultas Pertanian (FP) berjumlah 263 orang.

“Kesemuanya di bagi dalam tiga Kabupaten/Kota yakni Aceh Timur, Tamiang dan Kota Langsa dengan 11 kecamatan diantaranya Pereulak Barat, Ranto Peureulak, Peunaron, Idi Tunong, Idi Rayeuk, Kejuruan Muda, Tamiang Hulu, Tenggulun, Sekerak, Karang Baru dan Langsa Baroe dengan jumlah Gampong sebanyak 107 gampong” jelas Anas Johan.

Lanjutnya, KPM akan berlangsung selama 1 bulan dan selesai pada tanggal 8 Maret 2013 mendatang.

Sementara itu Drs Djamaluddin AR mewakili pihak yayasan pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa pelaksanaan KPM merupakan perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.

Dalam melaksanakan KPM nantinya mahasiswa harus mengenal daerah yang dituju, seperti aspek fisik batas wilayah, luas wilayah desa dan mengenal masyarakatnya seperti adapt istiadat dan budaya masyarakat setempat.

“Kepada mahasiswa diharapkan dapat menggali berbagai macam informasi berkaitan dengan masalah kemiskinan, buta huruf, pengganguran, sehingga nantinya bisa memberikan kontribusi dalam hal tersebut,” jelas Drs Djamaluddin AR.

Rektor Unsam Langsa Drs Bachtiar Akob MPd mengatakan mahasiswa yang melaksanakan KPM Angkatan XI tahun ini sudah dibekali dengan berbagai macam pengetahuan yang berkaitan dengan KPM.

“Selama dua hari mengikuti pembekalan mudah-mudahan mahasiswa dapat memahami apa yang harus dilakukan dalam masyarakat nantinya” jelasnya.

Lanjutnya, program KPM ini akan dilaksanakan selama lebih kurang 30 hari dilapangan. Di mana untuk masing-masing kelompok KPM desa akan didampingi oleh satu orang supervisor yang ditunjuk oleh pihak kampus.

“Kita berharap program KPM ini dapat meberikan sebuah bentuk nyata dari pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat sebagai implementasi dari tri dharma perguruan tinggi. Juga kepada peserta KPM kita minta dapat mengambil pelajaran penting dari interaksi yang dibangun bersama masyarakat selama KPM,” tambah Bachtiar Akob.
KPM juga merupakan wadah mahasiswa menguji kemampuan yang telah didapat selama diperguruan tinggi. Mahasiswa juga harus menjaga nama baik perguruan tinggi serta aktif dalam segala kegiatan keagamaan dan sosial di masyarakat. [wa]