Aceh Timur Laksanakan Pemilihan Duta Wisata 2014

0
Ny. Mariani Syahrul Syama’un, perwakilan dari 
Bank Aceh dan Syariah Mandiri cabang Idi sedang berfose bersama 
pemenang duta wisata Aceh Timur.[] foto.SN/Mmg
samudra-news.com | Aceh Timur - Dalam rangka mempromosikan dunia kepariwisataan di Aceh Timur, diperlukan suatu usaha dan kerja keras dari semua pihak, sebab dari sektor pariwisata ini diyakini bisa meningkatkan asset perekonomian masyarakat sekitar daerah pariwisata sekaligus menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya dunia pariwisata dalam bidang seni budaya, sejarah, dan adat istiadat serta keindahan alam, yang sesuai dengan syariat islam sebagai cermin budaya islam dan agama islam yang kita junjung tinggi.

Sebagai upaya mendukung program Kepariwisataan Aceh yang merupakan agenda tahunan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Pemerintah Aceh kembali menyelengarakan Pemilihan Duta Wisata Aceh Tingkat Provinsi, sebagai rangkaian kegiatan untuk mendukung kesinambungan suksesnya pelaksanaan tahun kunjungan Wisata Aceh, hal tersebut diatakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Timur, M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP ketika membuka acara Pemilihan Duta Wisata Aceh Timur Tahun 2014 yang berlangsung di Aula Gedung SKB Idi pada Rabu, 30 April 2014.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk mendukung keberhasilan, dan suksesnya pelaksanaan kegiatan dimaksud, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, perlu melakukan seleksi bagi putra/ putri (agam dan inong) Aceh Timur, sebagai wakil Duta Wisata Aceh Timur pada ajang pemilihan Duta Wisata Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2014, yang akan berlangsung di Banda Aceh. 

Ia juga berharap, Duta Wisata Aceh Timur Tahun 2014, yang terpilih nantinya, dapat menjadi “ikon” Duta Wisata Aceh Timur, dalam mempromosikan kepariwisataan, seni budaya,  sejarah, adat istiadat dan keindahan alam di Aceh Timur khususnya dan Aceh pada umumnya, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai syariat islam yang kita jalankan sekaligus dapat menjadi sumber inspirasi, dan motivasi generasi muda, dalam melestarikan seni budaya, adat istiadat, sejarah dan keindahan alam di aceh timur, dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai syariat islam, etika dan sopan santun sekaligus dapat menjadi motor bagi pemuda lainnya di Aceh Timur” pungkas Ikhsan Ahyat.

Sementara itu ketua pelaksana kegiatan Pemilihan Duta Wisata Aceh Timur yang juga merupakan Kabag Perekonomian Setdakab Aceh Timur, DR. H. Maimun, AK, SE, M.Si dalam laporannya mengatakan, kegiatan pemilihan Duta Wisata Aceh Timur Tahun 2013, dilakukan melalui proses seleksi dan tahapan-tahapan kegiatan, yang meliputi :
  • Seleksi administrasi dan kesesuaian kriteria serta persyaratan calon duta wisata, melalui ujian tulis. 
  • Seleksi wawancara, dan
  • Seleksi wawasan ilmu pengetahuan agama, perilaku, psikologi, bahasa inggris, adat istiadat, seni budaya dan pemahaman kepariwisataan. 
Dengan Jumlah peserta yang terseleksi dan dapat mengikuti kegiatan pemilihan Duta Wisata Aceh Timur Tahun 2013, berjumlah 16 orang peserta yang terdiri dari 9 orang peserta putra (agam), dan 7 orang peserta putri (inong).

Lebih lanjut ia mengatakan, Tema Pemilihan Duta Wisata Aceh Timur Tahun 2014 ini adalah: melalui ”Pemilihan Duta Wisata Aceh Timur, Menjadi Sumber Inspirasi Dan Motivasi Bagi Generasi Muda, Dalam Melestarikan Seni Budaya, dan Kepariwisataan Di Aceh Timur”. Yang sesuai dengan syariat islam, sebagai cermin budaya islam, dan agama islam yang kita junjung tinggi.

Dalam pemilihan duta Wisata Aceh Timur dari 16 peserta baik agam maupun inong yang berhasil menjadi Duta Wisata Aceh Timur Tahun 2014 adalah Febri Taksa Elnanda dan Maria Ulfa. Dan dengan demikian mereka nantinya akan mewakili Aceh Timur dalam Pemilihan Duta Wisata Aceh Tahun 2014 yang akan berlangsung di Banda Aceh.

| Mmg/Red

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)