Anggota Koramil 03/Kroya dan Poktan Sri Kencana Melaksanakan Gropyok Tikus


SamudraNews.com-Cilacap - Babinsa Buntu Sertu Darto Widodo bersama anggota Koramil 03/Kroya dan Kelompok Tani Sri Kencana melaksanakan gropyok tikus di areal lahan sawah Poktan Sri Kencana di RT 03/05 Desa Buntu Kecamatan Kroya, Jum'at (16/11).

Gropyok tikus merupakan salah satu cara guna mengurangi dan memutus mata rantai berkembang biaknya tikus dilahan sawah karena hama tikus ini sangat merugikan para petani yang akan bercocok tanam. Selain itu hama ini merupakan salah satu ancaman gagal panen bagi petani.

Dikatakan oleh Babinsa Sertu Darto Widodo, kegiatan gropyok tikus ini guna membantu para petani untuk mengurangi hama tikus dilahan sawah khususnya di lahan sawah milik Poktan Sri Kencana Desa Buntu ini. " Sudah kewajiban bagi kita selaku Babinsa untuk membantu kesulitan rakyat disekelilingnya dan dengan tugas sebagai pendamping pertanian, kita turut serta mensukseskan program ketahanan pangan Nasional," terangnya

Terkait dengan gropyok tikus ini, Sertu Darto Widodo menambahkan bahwa untuk mengurangi berkembang biaknya tikus dilahan persawahan, gropyok tikus harus segera dilakukan mengingat tikus sawah merupakan hama utama tanaman padi di Indonesia yang dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman padi mulai dari proses penyemaian benih sampai panen bahkan sampai proses penyimpanan sehingga sangat merugikan petani." tambahnya.

Dia berharap, berkurangnya hama tikus diarel persawahan, membantu para petani untuk segera menyemai benih, menanam padi dan pada saat panen nanti, dapat meningkatkan hasil panennya sehingga selain mensejahterakan para petani juga membantu Pemerintah dalan program Swasembada pangan Nasional.

Selain anggota Koramil 03/Kroya, kegiatan gropyok tikus ini dibantu oleh Babinkamtibmas Desa Buntu Aiptu Suharto, Kepala Desa Buntu Samingun serta anggota Poktan Sri Kencana kurang lebih 40 orang.


| Urip/Sartono