Kodim 0104/Atim Bangun Zona Integritas Dan Gelar Penanda Tanganan Pakta Integritas



SamudraNews.com | Langsa – Kodim 0104/Aceh Timur melaksanakan program Pencanangan Zona Integritas dan Penandatanganan Pakta Integritas satuan kerja Kodim 0104/Atim, bertempat di Aula Garasi Makodim, Desa Payobujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Jum'at (07-12-2018).

Pencanangan itu bertujuan untuk menciptakan wilayah yang bebas korupsi dan birokrasi bersih dan melayani upaya nyata.

Dandim 0104/Atim Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis dalam sambutannya bahwa ia memberi apresiasi yang tinggi dan penghargaan kepada para Perwira Staf dan Danramil yang hadir dan mengikuti pencanangan zona integritas Kodim 0104/Atim dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas Satker Kodim 0104/Atim. “Semoga kegiatan ini dapat mewujudkan birokrasi yang transparan, akuntabel, bebas dari korupsi dan nepotisme, khususnya di lingkungan Kodim 0104/Atim, "ungkap Dandim.

Sebagaimana diketahui, bahwa pencanangan ini dilakukan Kodim 0104/Atim bertujuan untuk mengukuhkan diri sebagai bagian dari TNI Angkatan Darat yang memiliki komitmen mencegah terjadinya korupsi serta pelaksanaan reformasi birokrasi yang akuntabel di seluruh Satker jajaran Kodim 0104/Atim.

“Berkenaan dengan hal tersebut tentunya diharapkan agar para Pa Staf dan Danramil jajaran Kodim 0104/Atim dapat berjalan beriringan. Sehingga, akan meningkatkan kinerja satuan. Oleh karenanya, pencanangan zona integritas ini tidak berhenti sampai terwujudnya wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bebas melayani saja, namun hendaknya tetap dijaga kelestariannya dan diwariskan kepada generasi penerus, "katanya.

Dandim berharap agar saatnya untuk menghilangkan paradigma lama dan ciptakan paradigma baru yang sesuai dengan cita-cita TNI AD. Untuk itu, seluruh Pa Staf dan Danramil Kodim 0104/Atim agar semakin terpacu untuk terus meningkatkan kinerja dan kompetensinya, sehingga terbebas praktek perbuatan tercela yang dapat mencederai amanah rakyat, "imbuhnya. 

Ia juga menyampaikan dalam rangka mewujudkan harapan tersebut, tentunya peranan para Pa Staf dan Danramil dalam mengawasi pelaksanaan tugas bawahannya harus dilakukan secara terus menerus.

Tentunya peningkatan kinerja bukan hanya masalah kuantitas, tapi yang lebih penting adalah masalah kualitas seperti profesionalime dan integritas moral. Dengan demikian diharapkan reformasi birokrasi Kodim 0104/Atim yang profesional dapat tercapai dengan optimal.

Dandim juga menekankan kepada jajarannya tentang perintah Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Purmanto yang harus dilaksanakan dan dipedomani yakni sebagai berikut: Pedomani Surat Edaran Danrem 011/LW, tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di wilayah Kodim 0104/Atim.

Laksanakan pembentukan enam Pokja komponen pengungkit pembangunan zona integritas guna penyiapan dokumen, laksanakan koordinasi dengan Komando Atas maupun Satuan Bawah dalam menyiapkan dokumen penilaian, pedomani waktu yang telah ditetapkan dan laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya demi terwujudnya pembangunan zona integritas Kodim 0104/Atim menuju WBK dan WBBM.

| Kusdiyono