Pupuk Jiwa Nasionalisme, Danramil 01 Cilacap Bekali Materi Wasbang Kepada 710 Pelajar SMA Negeri 1 Cilacap


SamudraNews.com-Cilacap - Generasi muda khususnya kalangan pelajar SMA maupun SMK sebagai penerus bangsa, sejak dini harus memahami arti wawasan kebangsaan untuk menjaga keutuhan NKRI serta mengisi kemerdekaan dengan bebagai kegiatan positif.

Demikian yang disampaikan Danramil 01/Cilacap, Kodim 0703/Cilacap Kapten Kav Nur Sohib Ansori saat memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada 710 Siswa/siswi Kelas 10 dan 11 SMA Negeri 1 Cilacap di Aula SMA Negeri 1 Jl. MT. Haryono Kelurahan Tegalreja Kecamatan Cilacap Selatan, Kamis(06/12)

Lebih lanjut dijelaskan Danramil, Pelajar atau generasi muda harus mempersiapkan diri dengan baik agar tidak tergerus dengan teknologi yang semakin canggih serta bersaing dengan negara lain.
" Wawasan kebangsaan sangat penting sebagai modal generasi muda untuk terus menjaga keutuhan NKRI menghadapi masa depan yang semakin berkembang dan maju tanpa menghilangkan rasa kepedulian, gotong royong maupun tekad mempertahankan keutuhan bangsa." jelasnya

Menurut dia, era globalisasi dan kemajuan sekarang tentunya banyak tantangan yang dihadapi tidak hanya upaya memecah belah bangsa saja namun berbagai persoalan tindak kejahatan dan kriminalitas harus dihindari termasuk masalah narkoba, geng motor, tawuran antar pelajar dan lainnya. Untuk itu pembinaan dan pembekalan wawasan kebangsaan sangat penting guna menangkal semua itu.

" Masalah kriminalitas harus dihindari dan dibuang jauh-jauh dari lingkungan generasi muda apalagi masalah narkoba khususnya di kalangan pelajar karena akan merusak diri sendiri dan keluarga nantinya," tuturnya.

Diingatkan pula olehnya bahwa nilai wawasan kebangsaan memiliki rasa ingin membangun karakter bangsa yang sesuai dengan Pancasila dan ini yang harus dimiliki setiap pelajar atau generasi muda sekarang sebagai penerus bangsa dimasa mendatang. " Kegiatan pembekalan pelajar tidak hanya berkaitan masalah wawasan kebangsaan saja namun juga memberikan pelatihan aspek idiologi, sosial budaya, ekonomi dan lainnya," tambahnya.

Selaku Danramil 01/Cilacap Kapten Kav Nur Sohib Ansori, pihaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada Kepala sekolah SMA Negeri 1 Cilacap Dra. Pujiastuti Wardani, MM yang sudah percaya kepada TNI untuk mengisi atau memberi materi wawasan kebangsaan kepada para pelajar. Hal itu tentunya selaras dengan tujuan Koramil 01/Cilacap dalam rangka menumbuhkan jiwa Nasionalisme di Era Milenial kepada kalangan pelajar.

Urip