Tidak Hanya Ke Sawah, Babinsa 24/Dri Juga Sambangi Petani Albasia



SamudraNews.com | Aceh Timur-Babinsa Ramil 24/Darul Ikhsan Kodim 0104/Aceh Timur Kopda Hermansyah sambangi petani Albasia guna menanyakan kendala yang dihadapi, agar dapat ditemukan solusi dan cara untuk menanggulangi gangguan selama proses penanaman pohon Albasia, yang bertempat di Desa Keude Dua, Kecamatan Darul Ikhsan, Kabupaten Aceh Timur, Jum'at (08-03-2019).

Komandan Kodim (Dandim) 0104/Aceh Timur Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis saat di Makodim menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh para Babinsanya di Koramil jajaran Kodim 0104/Atim adalah salah satu upaya dalam membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat, dimana para Babinsa yang telah dibekali ilmu tentang pertanian diterjunkan ke desa-desa agar bisa membantu para petani yang berada di sekitar wilayah binaannya, ungkapnya kepada SamudraNews.com.

Lanjutnya, dengan terjunnya Babinsa ke lapangan untuk membantu petani, diharapkan terjalin hubungan yang baik secara emosional sehingga Kemanunggalan TNI dengan Rakyat dapat selalu terjaga dan terpelihara dengan baik, tegas Dandim.

Sementara Danramil 24/Dri Kapten Inf Azmi mengatakan, membaurnya anggota Babinsanya dengan para petani adalah untuk membantu dan memberikan solusi atas kendala yang dihadapi dilapangan kepada para petani supaya mendapatkan hasil yang memuaskan.

"Apabila ada kendala, para petani bisa meminta solusi dan bantuan kepada para Babinsa", ingatnya.

Babinsa Ramil 24/Dri Kopda Hermansyah juga mengingatkan kepada warga binaannya (Petani Albasia) yang dijumpainya, tentang tata cara meningkatkan produksi tanaman Albasia atau yang dikenal masyarakat dengan Sengon yang pernah diterimanya dari beberapa Narasumber selama mengikuti pelatihan pertanian beberapa waktu lalu.

Ia juga menjelaskan, pohon Albasia/Sengon adalah sejenis pohon anggota suku Fabaceae. Pohon peneduh dan penghasil kayu ini tersebar secara alami di India, Asia Tenggara, Cina selatan, dan Indonesia. 

Untuk menghasilkan pohon sengon yang berkualitas tinggi dan bagus maka petani sengon harus tau cara pembudidayaannya, mulai dari :

1. Memilih dan mempersiapkan Tempat Penanaman. Yang meliputi tanah yang tidak banjir, Tanaman liar di sekitar tanah tempat penanaman merupakan lampu merah, Tanah tempat tinggal pohon penghalang sinar matahari, Persiapkan tanah yang dipilih. 

2. Proses Penanaman. 

3. Dedikasi Tinggi Untuk Pemeliharaan Pohon Albasia/Sengon, "ungkap Hermansyah sembari mengobrol bersama petani sengon.

| Kusdiyono