Untuk Menjaga Kesetabilan AirBabinsa Desa Sikanco Cek Saluran Irigasi


SamudraNews.com-Cilacap-Demi menjaga normalisasi sistem pengairan di wilayah binaan, Babinsa Koramil 05/Nusawungu, Kodim 0703/Cilacap, Kopda Sohirin secara intensif melaksanakan pengecekan saluran irigasi tepatnya di pintu air irigasi  Desa Sikanco, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Sabtu (9/3).

Seperti kita ketahui irigasi merupakan urat nadi bagi pertanian di wilayah Desa Sikanco,  itu artinya sistem irigasi memiliki fungsi yang sangat penting sebagai sumber pemasok air bagi ribuan hektar persawahan disana.

Sebagai Babinsa yang memiliki tanggung jawab di setiap jengkal tanah  diwilayah binaanya, melakukan pengecekan saluran irigasi, merupakan agenda rutin yang selalu  di kerjakan Kopda Sohirin. Ia tidak sendiri, karena warga (petani) yang dengan senang hati selalu mendampingi aparat yang sangat dihormati di Desa Sikanco itu.

Kopda Sohirin mengatakan pintu air irigasi mempunyai peran yang sangat penting dalam hal pembagian air ke persawahan, dengan adanya pintu air, maka pendistribusian/droping air irigasi dapat menuju sasaran dengan lancar.

"Kami bersama petani selalu memperhatikan serta mengecek saluran irigasi yang dipenuhi rumput dan akan mengupayakan normalisasi saluran irigasi secara manual agar memperlancar aliran air ke persawahan warga, disamping itu mengecek debit air guna pengairan ke sawah agar selalu cukup",    jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan kegiatan normalisasi saluran irigasi dilakukan guna memperlancar arus saluran air ke area persawahan warga, hal ini merupakan bagian dari kegiatan pendampingan pertanian sekaligus tanggungjawab semua sehingga petani dalam melaksanakan musim tanam dan musim panen padi tidak terhambat, juga dalam rangka mendukung program pemerintah tentang upsus ketahanan pangan agar bisa terlaksana dengan baik, pungkasnya.

| Urip