SamudraNews.com-Aceh Singkil, Wakil Bupati Aceh Singkil, Sazali bersama pengurus Yayasan Sulaimaniyyah memantau lokasi yang akan didirikan pesantren tahfiz Quran di gedung eks Islamic Center di kawasan Pangkalan Sulampi, Suro. 

Tahun 2020, Kabupaten Aceh Singkil akan memiliki pesantren tahfiz Quran. Setelah Pemkab Aceh Singkil bersama pihak Yayasan Tahfidz Qur'an Sulaimaniyyah sepakat memanfaatkan gedung eks Islamic Center di Desa Pangkalan Sulampi, Kecamatannya Suro, menjadi pesantren tahfidz Quran.
Pihak Yayasan Sulaimaniyyah, Jumat (5/7/2019) memantau lokasi pesantren bersama Wakil Bupati Aceh Singkil Sazali.

Dari yayasan hadir Koordinator Yayasan Pesantren Sulaimaniyyah se-Sumatera, Murat Karayildirim, bersama rekannya Yawuz, arsitek pesantren Sulaimaniyyah, dan koordinator pesantren Yayasan Sulaimaniyyah wilayah Aceh, Mansur. 

Sedangkan dari Pemkab Aceh Singkil, turut mendampingi Wakil Bupati Sazali yaitu Sekda Aceh Singkil Azmi, Kepala Bappeda Ahmad Rivai, Plt Kepala Dinas PU&PR Aceh Singkil Erwinsyah Putra, dan Camat Suro Abdul Hanan.

"Dan wacananya Tahap pertama, santri yang diterima khusus putra antara 50 sampai 100 orang,"  kata Koordinator Yayasan Pesantren Sulaimaniyyah se-Sumatera, Murat.

Murat menambahkan , tenaga pengajar merupakan lulusan Turki.
Mata pelajaran yang diberikan antara lain tahfidz quran, qiraat, tauhid, bahasa Arab dan Turki, termasuk kitab kuning tentang ilmu fiqih dan tauhid.

"Setelah itu santri akan dibiayai berangkat ke Turki. Selesai di Turki, dikembalikan ke pesantren untuk menjadi pengajar," ujarnya.
Wakil Bupati Aceh Singkil Sazali mengatakan, kerjasama dengan Yayasan Pesantren Sulaimaniyyah yang sudah digagas sejak 2017 silam.

Dalam hal ini Pemkab Aceh Singkil hanya menyediakan sarana dan prasarana seperti bangunan, ruang belajar, aula, kamar santri dan ruang makan.Sedangkan biaya operasional ditangani pihak yayasan.

| Risnaldi


Post A Comment: