69 Balon Keuchik Di Aceh Singkil Tes Mengaji


SamudraNews.com-Aceh Singkil, Sebanyak 79 bakal Calon (Valaon) Kepala Desa (Keuchik) di Kabupaten Aceh Singkil mengikuti ujii tes baca Al qur'an yang merupakan salah satu syarat di Masjid Nurul Makmur, Pulo Sarok, pada Senin, 16 September 2019.

Ketua Tim Seleksi Baca Al quran Salihin Mizal dan Kasi Bimas Hendra Sudirman kepada media  ini mengatakan, sebelumnya yang mendaftar sebanyak 80 calon keuchik.Namun, karena ada satu orang calon kades yang mengundurkan diri dari Desa Teluk Ambun, sehingga peserta calon keuchik, menjadi 79 orang," jelasnya.

Masing-masing peserta dipanggil namanya untuk diuji dan membacakan surat Albaqarah, mulai ayat 100, sampai tim penguji menyuruh berhenti.

Sementara para peserta calon Keuchik,terdiri dari 27 desa, namun hanya 26 desa yang diwajibkan mengikuti prosedur, karena satu desa lagi, yakni Desa Asantola, Kecamatan Pulau Banyak Barat, seluruh calonnya non muslim. Namun mereka tetap mengikuti prosedur seleksi calon kades, sebagai keringanan.

Menurut Salihin, panitia tim penguji tes baca Alquran terdiri dari 11 orang di bawah jajaran Kementerian Agama (Kemenag), Kabupaten Aceh Singkil.

Sedangkan passing grade (ambang batas) minimal nilai dengan poin 45 dari nilai terbesar 100, hingga penguji memberhentikan peserta membaca ayat.

"Saat ini tim penguji baca Alquran setiap peserta dari Kementerian Agama, sudah permanen, sehingga ke depan, kami harapkan bukan cuma kades yang diuji, tapi juga jajarannya, seperti Kepala Urusan Umum, Kepala Dusun/RT/RW," ujarnya.

| Ris