SamudraNews.com | Aceh Timur-Kabut asap kian menebal di Kabupaten Aceh Timur dan sekitarnya. Solidaritas TNI-Polri dari Anggota Koramil15/Peureulak Barat dan Anggota Polsek Peureulak Barat membagikan masker kepada masyarakat dalam upaya menjaga kesehatan warga, Senin (23-09-2019).

Danramil 15/Plkb Kapten Inf Mashudi mengatakan bahwa, di duga kabut asap itu dari kebakaran hutan dan lahan (Karhulta) di Provinsi Riau yang terpapar ke wilayah Kabupaten Aceh Timur dan sekitarnya.
.
Untuk kesehatan dan jauh dari penyakit ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) mari kita gunakan masker saat bepergian, “katanya.

Lanjutnya, TNI-POLRI melakukan aksi bagi-bagi masker kepada pengguna Jalan Medan-Banda Aceh di Desa Beusa Seberang, Kecamatan Peureulak Barat, Kabupaten Aceh Timur.

Aksi tersebut dilakukan rangka mengantisipasi kabut asam yang terkirim dari kebakaran hutan di Pekan Baru, Provinsi Riau. Kegiatan ini sebagai bentuk respon cepat dalam upaya mengurangi dampak negatif dari kabut asap berupa infeksi gangguan pernafasan (ISPA), terutama pada usia-usia remaja, “ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Peureulak Barat Ipda Eko Hadianto menyampaikan harapan kepada pihak-pihak terkait agar secepatnya menangani permasalahan tersebut. “Kabut asap yang terkirim dari provinsi tetangga kian meresahkan, karena kabut asap di rasa sangat mengganggu  aktivitas masyarakat terutama kegiatan belajar mengajar di sekolah dan Madrasah.

Kabut asap terus menyelimuti kabupaten Aceh Timur seperti kecamatan Peureulak Timur, Sungai Raya, Birem Bayeun, Peureulak, Peureulak Barat.

Kemudian kecamatan Rantau Peureulak, Serba Jadi, Peudawa, Idi Rayeuk, Nurussalam, Darul Ihsan, Darul Aman, Simpang Ulim.

Kondisi demikian juga sudah menjangkit di beberapa wilayah lainnya,  seperti Kabupaten Aceh Tamiang, Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Utara minggu dini hari.

Post A Comment: