Tim Penilai EKK Berharap Kegiatan Ini Jadi Motivasi Camat



SamudraNews.com-Bengkalis-Riau, 
Tim Penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan (EKK) diharapkan dapat di jadikan motivasi bagi para camat untuk meningkatkan kerjanya ke depan.

Evaluasi ini juga dilakukan untuk melihat sejauh mana unsur kecamatan mampu berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Pernyataan ini disampaikan oleh ketua tim Penilai evaluasi kinerja Kecamatan Provinsi Riau Dr.Rahyunir Rauf.M.SI, didampingi Ketua Bagian tata Pemerintahan Otonomi daerah Bengkalis,Amru Herawza, membuka rapat persiapan tim Evaluasi Kinerja Kecamatan (EKK) di ruang pertemuan Bathin Betuah Camat Mandau Senin (28/10/2019).

Dijelaskan Rahyunir ,"memang kegiatan ini sudah selalu kita lakukan dalam 1 tahun dua kali, tinggal nanti bagaimana teknisnya,Tentunya ini menyangkut kepada kriteria. Jangan dianggap penilaian ini sebagai seremonial semata, namun dapat dijadikan motivasi bagi camat agar kinerjanya meningkat," ungkapnya saat dirinya ditanyai awak media.

Rahyunir menyebutkan,sebab camat merupakan perpanjangan tangan Bupati. Evaluasi Kinerja Kecamatan (EKK) ini juga dilakukan dalam rangka menyeragamkan dan menyatukan langkah penyelenggaraan pemerintahan hingga sampai ke tingkat Desa dan Kelurahan.Dan bagaimana mengatur pemerintah Kecamatan terhadap pelayanan masyarakat di daerahnya agar dilayani dengan baik." Ujarnya.

Dengan adanya kegiatan EKK ini tentu memotivasi agar kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat dan meningkatkan kinerja pegawai dalam melaksanakan tugas.

"Provinsi Riau merupakan provinsi pertama di Indonesia yang menyelenggarakan EKK ini. Kegiatan ini bahkan sudah diselenggarakan di Riau sejak tahun 2012 lalu. Ada empat indikator penilaian sesuai dengan Peraturan Bupati No. 50 tahun 2014 yaitu,

"indikator pendelegasian kewenangan dari Bupati kepada Camat yang disebut dengan tugas delegatif camat, tugas umum pemerintahan, kontek pemerintahan disebut tugas atributif camat, pelaksanaan tugas lain dan inovasi Camat dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah.

"Kita tentu berharap Kecamatan Mandau bisa mewakili Kabupaten Bengkalis ditingkat provinsi dan menjadi kecamatan terbaik yang ada di Provinsi Riau."Punkas Rahyunir Rauf.

Hadir dalam acara tersebut, Camat Mandau Riki Rihardi.Kapolsek Mandau,Koramil 04 Mandau,Lurah kepala Desa serta seluruh UPK Mandau dan undangan lainya.

| Koto