Cegah Radikalisme, Dandim 0104/Atim Jadi Pemateri Pada Seminar Nasional Di DEMA IAIN Langsa



SamudraNews.com | Langsa-Dalam rangka mencegah radikalisme di Aceh, Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar seminar nasional dengan tema "Penguatan mahasiswa dalam rangka mencegah radikalisme di Aceh" yang berlangsung di gedung Laboratorium terpadu kampus setempat pada Kamis (7/11/2019).

Hadir sebagai pemateri Ruchman Basori, S. Ag, M. Ag Kasubdit Sarana, Prasarana dan Kemahasiswaan Dirjen Pendis Kementerian Agama RI, Dandim 0104/Atim Letkol CZI Hasanul Arifin Siregar, S. Sos, M. Tr (Han), IPDA Idris, S. Sos. I dari Binmas Polres Langsa.

Ketua DEMA IAIN Langsa Muhammad Faisal mengatakan, Seminar nasional ini sudah dirancang pihaknya sudah lama, namun baru terealisasi sekarang ini.

"Even nasional ini sudah lama dirancang dan ternyata sesuai dengan visi Presiden Jokowi jilid II, semoga dengan acara ini mahasiswa dapat mengetahui mana yang haq dan bathil,"imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Langsa meminta dukungan Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Kementerian Agama RI untuk terus memberi dukungan terhadap kegiatan mahasiswa.

Dikatakannya, radikalisme menjadi isu sentral karena ada sebuah kekhawatiran terhadap generasi penerus saat ini yang rentan akan terjerumus kepada paham radikalisme.

"Mahasiswa harus dapat memilih dan memilah mana yang benar dan salah, mahasiswa jangan mudah terkontaminasi dengan sumber-sumber yang belum diketahui kebenarannya,"ujar Zainuddin seraya menambahkan semoga mahasiswa IAIN Langsa tidak terpapar radikalisme.

Zainuddin menyebutkan, kegiatan ini salah satu bentuk untuk menangkal radikalisme, sehingga mahasiswa paham cara beragama yang rahmatan Lil Al-Amin.

Ditempat yang sama, Asisten II Pemerintah Kota Langsa Iskandar, SE, M. SM menyebutka, mahasiswa adalah pemuda yang memilki kecerdasan, dirinya berharap, kekuatan mahasiswa dapat mencegah isu-isu radikalisme yang tentunya telah dibekali pemahaman mengenai Radikalisme.

Pemko Langsa sangat mendukung kegiatan ini, karena ini menjadi isu nasional.

"Kami berharap agar mahasiswa nantinya dapat mengimplementasikan materi yang telah disampaikan oleh narasumber,"demikian tandasnya.

Seminar ini diikuti oleh seratusan lebih mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Langsa.

| Kusdiyono