Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE
FALSE
TRUE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

Jasa layout tabloid, koran, majalah, website - Musri ID

Breaking News:

latest

HIMABIGI Universitas Samudra Menggelar Kegiatan Berih Pantai

Samudranews.com- Aceh Timur -Aceh, Himpunan Mahasiswa pendidikan Biologi (HIMABIGI) Universitas Samudra (Unsam) Melakukan kegiatan bersih pa...


Samudranews.com-Aceh Timur -Aceh, Himpunan Mahasiswa pendidikan Biologi (HIMABIGI) Universitas Samudra (Unsam) Melakukan kegiatan bersih pantai pelangi Matang Rayeuk PP Sebagai pengapdian langsung Kepada masyarakat melalui program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). 


Kegiatan pengapdian tersebut dibuka oleh Wakil Ketua HIMABIGI Nazira priode 2020-2021 Dan Dosen pendidikan Biologi Buk Dini Fitria S.pd ., M.pd. yang mewakili Koordinator Pendidikan Biologi, Sedangkan penyampaian Materi mengenai lingkungan disamoailan oleh dosen pendidikan biologi Ayu Wahyuni S.pd . M.pd.

Pembersihan pantai dilakukan pada hari Sabtu (20/11/2021) kemarin  dejak pukul 10.00 sampai 12.00 dengan melibatkan masyarakat desa dan pengelola pantai pelangi.

" Ada alasan kami memilih Pantai Palamgi sebagai tujuan progam kerja kali ini, Mengat pantai Pelangi sering dikunjungi wisatawan dari luar kota. Pesatnya pertumbuhan wisatawan menjadikan kawasan pesisir menjadi tempat pengumpulan sampah, terutama sampah pastik, ujar Nazira.


Menurut Nazira, Lingkungan yang kotor membahayakan kesehatan warga pesisir dan membuat pantai tidak menarik. Oleh karena itu, melalui kegiatan pengapdian ini, mahasiswa pendidikan biologi termotivasi untuk mengajak Pengelola pantai dan warga sekitar untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan ekosistem laut dengan membersihkan pantai dari tumpukan sampah, harapnya.

"Kegiatan bersih pantai ini dilakukan dengan 3 kelompok, yaitu kelompok organik,anorganik dan residu, menurut kelompok kerja masing-masing dan tersebar di beberapa lokasi, Pembagian tugas dilakukan untuk meningkatkan efektifitas kerja dan juga dapat mempersingkat waktu kerja"imbuh nya.

Sambungnya, melalui kegiatan Pengapdian ini, Mahasiswa Pendidikan Biologi termotivasi untuk mengajak Pengelola pantai pelangi dan warga sekitar untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan ekosistem laut dengan membersihkan pantai dari tumpukan sampah.

Sedangkan kegiatan bersih pantai ini dilakukan menurut kelompok kerja masing-masing dan tersebar di beberapa lokasi. Pembagian tugas dilakukan untuk meningkatkan efektifitas kerja dan juga dapat mempersingkat waktu kerja.

Dari hasil kegiatan bersih pantai ini, sampah yang dominan di kawasan pantai adalah sampah plastik seperti sedotan, popok bayi, wadah makanan, minuman dan sendok plastik. Sebagian besar plastik yang ditemukan dalam keadaan rapuh dan mudah hancur menjadi butiran plastik yang lebih kecil, hancur, bahkan menjadi butiran kecil yang kita kenal sebagai mikroplastik.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah aksi nyata mahasiswa Pendidikan Biologi untuk membuat lingkungan sekitar dan masyarakat yang berlibur di Pantai Palangi merasa lebih nyaman karena kondisi pantai yang lebih bersih" tandas nya.

| Red

Tidak ada komentar