Masyarakat Kebon Ireng Berbondong Bondong Shalat Tarawih

0

SamudraNews.com | Langsa-Aceh, Sejak puasa pertama hingga 6 hari  Puasa atau malam ke 7 masyarakat Kebon Ireng Kec, Langsa Lama Kota Langsa masih tetap semangat mengikuti Shalat Tarawih dan Witir di mesjid setempat.

Malam hari ini Selasa  (28/3/2023) Geuchik Kebon Ireng Edi Putra, A.ma menjadi Imam shalat Isya, Tarawih dan Witir.Untuk penceramah Geuchik menghadirkat Ustadz Tgk.Ismail Damanik, S.Sos,I yang juga sebagai Sekretaris komisi B MPU Kota Langsa.

Sebelum menyampaikan isi ceramahnya tentang Sedekah di Bulan Ramadhan, Tgk Ismail memberikan apresiasi yang setinggi tinggi nya pada Edi Putra, A.ma selaku Geuchik Kebon Ireng yang multi talenta (serba bisa) selain piyawai  memimpin pemerintahan di Gampong beliu juga mumpuni menjdi imam.



"Semua ayat yang dibacakan Geuchik mulai shalat Isya dan terawih serta witir sangat sempurna, ini contoh pemimpin yang mengikuti jejak Rasulullah" katanya.

Menurut Tgk Ismail Damanik mengawali ceramahnya yang berjudul " Bulan Ramadhan sebagai bulan penuh ampunan"

" Kita bersyukur kepada Allah SWT yang masih mempertemukan kita semua pada bulan Ramadhan bulan penuh berkah dan bulan penuh ampunan" uarai nya.

Seperti ayat di bawah ini yang berbunyi:

من فطر صائما كان له مثل أجره ، غير أنه لا ينقص من أجر الصائم شيئا

Artinya: “Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya.” – HR. At Tirmidzi Nomor 807.

Serendah rendah nya kita Senyum, karena tersenyum adalah bentuk sedekah yang benar-benar sangat sederhana. Hanya dengan tersenyum ikhlas dan tulus ini bisa menjadi ladang pahala untuk siapa saja yang melakukannya. Ingatlah bahwa keutamaan sedekah di bulan ramadhan benar-benar begitu berlimpah" ujarnya.

Di samping itu Allah Ta’ala sangat Mencintai Kedermawanan

Dalam hadis berikut dijelaskan bahwa Allah Ta’ala mencintai orang-orang muslimin dan muslimah yang senantiasa bersedekah dijalan Allah dan membenci orang-orang yang berakhlak buruk.

إن الله تعالى جواد يحب الجود ويحب معالي الأخلاق ويكره سفسافها
Artinya: “Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.”(HR. Al Baihaqi, di shahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744)

Didalam sebuah hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

‏اليد العليا خير من اليد السفلى واليد العليا هي المنفقة واليد السفلى هي السائلة
Artinya: “Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan di atas adalah orang yang memberi dan tangan yang dibawah adalah orang yang meminta.”
(HR. Bukhari no.1429 
Muslim no.1033)

Tak perlu di ragukan lagi bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan insan yang paling dermawan dimuka bumi, kedermawanan Rasul ini terlihat setiap saat terutama saat bulan Ramadhan, seperti yang diceritakan oleh Ibnu Abbas radhiallahu’anhuma:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس ، وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل ، وكان يلقاه في كل ليلة من رمضان فيُدارسه القرآن ، فالرسول الله صلى الله عليه وسلم أجودُ بالخير من الريح المرسَلة

Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.”
(HR. Bukhari, no.6)

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci umat Islam, oleh karenanya memperbanyak ibadah merupakan satu hal yang utama sebagaimana yang dikabarkan dalam sebuah hadits qudsi:

كل عمل ابن آدم له الحسنة بعشر أمثالها إلى سبعمائة ضعف قال عز و جل : إلا الصيام فإنه لي و أنا الذي أجزي به

Artinya: “Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.'” (HR. Muslim no.1151)

Amalan-amalan yang dilakukan pada bulan Ramadhan seperti bersedekah, shalat malam, dan berkata baik diberikan jaminan surga . Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
إن في الجنة غرفا يرى ظاهرها من باطنها وباطنها من ظاهرها أعدها الله لمن ألان الكلام وأطعم الطعام وتابع الصيام وصلى بالليل والناس نيام
Artinya: “Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan shalat dikala kebanyakan manusia tidur.” (HR. At Tirmidzi no.1984, Ibnu Hibban di Al Majruhin 1/317, dihasankan Ibnu Hajar Al Asqalani di Hidayatur Ruwah, 2/47, dihasankan Al Albani di Shahih At Targhib, 946).

| Roby Sinaga 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)