Babinsa Aktif Berikan Dorongan dan Motivasi Kepada Peternak Kambing Di Wilayah Binaan

0

SamudraNews.com | Aceh Timur - Bertujuan dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, Babinsa Koramil 11 Birem Bayeun Kodim 0104/Aceh Timur, Serka Parmin S mendampingi peternak kambing yang merupakan salah satu usaha warga binaan di Desa Birem Keude, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (25/5/2023).

Dalam usaha ternak, kandang salah satu faktor penentu optimalnya suatu performa produksi ternak. Kandang yang nyaman bagi ternak akan berdampak pada kenyamanan dan juga kesehatan ternak. Ternak yang sehat akan dapat tumbuh dan berproduksi dengan optimal sesuai dengan potensi atau jenisnya.

"Saat ditemui, Bapak Wahab selaku pemilik usaha penggemukan kambing merasa senang dengan adanya Babinsa yang selalu aktif membantu masyarakat binaannya," Ujar Serka Parmin S.

“Beternak kambing memiliki segudang tantangan, salah satunya adalah soal kandang sebagai tempat tinggal yang tentunya ideal agar kambing bisa nyaman dan berkembang dengan optimal.”kata Bapak Wahab.

Ukuran kandang kambing yang terlalu kecil akan membatasi ruang gerak mereka sehingga membuatnya gampang stress, apabila ukuran terlalu luas akan mubazir lahan. Kandang yang tepat untuk kambing penggemukan idealnya berukuran panjang tidak kurang dari 1,5 meter dan lebar tidak kurang dari 1,2 meter. Ukuran tersebut cukup untuk menampung 3-5 ekor kambing atau domba yang sedang dalam proses penggemukan.

Di lokasi yang sama, Serka Parmin S mengatakan bahwa agar tetap menjaga kebersihan kandang.

Untuk kesehatan ternak selain menjaga makanannya, kebersihan kandang serta lingkungannya juga perlu diperhatikan. Kebersihan lingkungan bisa menjadikan ternak lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)