Balai Perkim Aceh Kampanye PHBS & SANITASI 2023 di Gp Kebon Ireng

0

SamudraNews.com | Langsa-Aceh, Balai Perkim Aceh Kampanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta kegitan  Sanitasi Berbasis Masarakat (SANIMAS) T/A 2023 di Gp Sukajadi Kebon Ireng Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa.


Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantar Geuchik setempat dan dihadiri oleh Edi Putra selaku Geuchik Kebon Ireng, Sekdes M.Nasir, SE
Pendamping sanitasi dari Pukesmas Langsa Lama Baiza,  
Pendamping dari PUPR Provinsi Aceh (Balai Perkim Aceh) ibu Irma,Pendamping Tim Teknik sanitasi NurKhalis ST, dan masyarakat penerima manfaat, Kamis (8/6/2023).


Dalam kesemparan itu Pendamping Sanitasi dari Pukesmas Langsa Lama Baiza menjelaskan bahwa,
Manfaat Sanitasi yang Sehat dapat
Mencegah penyakit menular.
Mencegah dan mengurangi keparahan sebagai dampak malnutrisi.
Mencegah timbulnya bau tidak sedap.
Menghindari pencemaran.
Mengurangi jumlah persentase sakit.
Lingkungan menjadi bersih, sehat, dan nyaman.

Sementara itu Ibu Irma Selaku Pewakilan dari PUPR Provinsi Aceh memaparkan bahwa, Sanitasi merupakan upaya menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat melalui pengawasan terhadap faktor lingkungan. Sanitasi dibutuhkan untuk melindungi setiap orang dari faktor yang menimbulkan gangguan kesehatan fisik maupun mental.

"Sanitasi yang sehat bermanfaat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan juga kesehatan" imbuhnya.

Menurut Ibu Irma, 
sanitasi adalah suatu upaya mengawasi beberapa faktor lingkungan fisik sehingga munculnya penyakit yang berpengaruh kepada manusia, terutama terhadap hal-hal yang mempunyai efek merusak perkembangan fisik, kesehatan, dan kelangsungan hidup.

"Dengan kata lain sanitasi menyangkut upaya pengendalian yang dilakukan di semua faktor lingkungan fisik manusia, seperti air, kelembaban udara, suhu, tanah, angin, rumah, dan benda mati lainnya. Sebab, lingkungan yang buruk berpotensi memberikan efek negatif bagi kesehatan dan kesejahteraan manusia" bebernya lagi.

Lanjutnya, oleh karena nya dengan ada nya kucuran dana pembangunan Jamban sehat dari pemerintah sebanyak 22 unit di Kebon Ireng ini tentinya dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan kumuh.

Di tempat yang sama Edi Putra Selaku Geuchik Kebon Ireng mengucapkan terimaksih atas kehadiran Ibu Irma, pendamping Tehnik, dan pendamping sanitasi dari Pukesmas Langsa Lama Kota Langsa.

"Semoga bangunan Jamban Sehat ini nanti nya dapat betmanfaat bagi warga Kebom Ireng dan mempu membuat lingkungan yang betsih dan sehat" tandas Gechik muda yang penuh talenta itu.

| Roby Sinaga 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)