Sekber Wartawan Indonesia Resmi Terbentuk di Aceh Singkil

0

Ketua SWI Aceh Singkil Yudi Sagala.(Dok. Istimewa)

Samudra
News.com
Aceh Singkil – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Aceh Singkil resmi terbentuk dan telah menerima Surat Keputusan (SK) dari DPP Pusat pada Senin, 1 Juli 2024.

Pengumuman ini disampaikan oleh Ketua DPD SWI Aceh Singkil, Yudi Sagala, dalam siaran pers yang diterima wartawan Rabu, 3 Juli 2024.

Yudi Sagala mengungkapkan rasa syukur atas penerimaan SK tersebut, yang menjadi tonggak penting bagi keberadaan SWI di Aceh Singkil. 

"Alhamdulillah, dengan rahmat Tuhan, Allah SWT, pada hari ini kita telah menggenggam SK DPD SWI dari DPP Pusat," kata Yudi.

Yudi menjelaskan bahwa dalam minggu ini, SK tersebut akan segera didaftarkan ke Kesbangpol Aceh Singkil untuk memastikan legalitas dan keberadaan SWI secara resmi. "Ini adalah langkah awal untuk memperjuangkan visi dan misi kami dalam mewujudkan wartawan yang profesional dan sejahtera mohon doa kawan-kawan dan dukungan khalayak," tambahnya.

**Visi dan Misi SWI Aceh Singkil**

SWI Aceh Singkil berkomitmen untuk memperjuangkan kemerdekaan pers yang bebas dan bertanggung jawab, serta hak publik untuk mendapatkan informasi yang benar dan sesuai fakta. 

Organisasi ini juga bertujuan menegakkan pers sebagai pilar keempat demokrasi dan mengembangkan komunikasi positif antara pers, masyarakat, dan pemerintah.

Lebih lanjut, Yudi menyatakan bahwa SWI berupaya membangun interaksi komunikasi sosial seluruh elemen bangsa untuk mensukseskan pembangunan Indonesia secara luas. 

Organisasi ini juga memberikan pertimbangan dan mengupayakan penyelesaian pengaduan masyarakat terkait pemberitaan pers anggota SWI, serta memberikan pengayoman hukum dan sosial kepada anggota. SWI juga berencana menjadi lembaga sertifikasi profesi (LSP) jurnalistik yang terakreditasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

**Rencana Kegiatan SWI Aceh Singkil**
Untuk mencapai visi dan misinya, SWI Aceh Singkil akan menjalankan beberapa kegiatan, antara lain:
1. Menyelenggarakan forum diskusi rutin untuk membahas isu-isu politik, sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan, seni budaya, lingkungan hidup, dan hukum.
2. Meningkatkan kompetensi wartawan anggota melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat) serta workshop.
3. Menyelenggarakan penerbitan media massa baik cetak, online, maupun elektronik.
4. Mendirikan badan usaha.

**Struktur Kepengurusan DPD SWI Aceh Singkil Periode 2024-2029**

- Dewan Pembina: Abdur Rahman, S.Ikom M.Si, Sahman Manik
- Pengurus:
  - Ketua: Yudi Sagala
  - Wakil Ketua: Mukhlis
  - Sekretaris: Zaelani Bako
  - Wakil Sekretaris: Mardin
  - Bendahara: Khairuman

**Kepala Departemen:**
1. Organisasi, Kaderisasi & Keanggotaan (OKK): Jhonwer Manik
2. Diklat dan Pengembangan SDM: Adi Hasri Limbong
3. Humas & Antar Lembaga: Khalikul Sakda Berutu
4. Media Massa & Elektronik: Parna Tumangger
5. Pariwisata & Budaya: Lian Bancin
6. Pemberdayaan Perempuan: Munawan Syahputra
7. Sosial & Ekonomi: Syahdun
8. Advokasi & Hukum: Sukardi, SH.

Dengan penerimaan SK ini, SWI Aceh Singkil siap melangkah maju dan berkontribusi dalam dunia jurnalistik serta pembangunan daerah.(KM)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)