Bupati Rocky Minta Petani Lokop Kembangkan Kopi Robusta


SamudraNews.com-Aceh Timur, Setelah pekan lalu melakukan kunjungan ke Kota Terpadu Mandiri (KTM) di Kecamatan Ranto Peureulak, kali ini Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM.Thaib, SH, kembali mengunjungi Desa Sembuang Lokop, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (23/2/2020).

Kunjungan orang nomor satu di Aceh Timur ke daerah pedalaman menjadi perhatian masyarakat, Peunarun dan Lokop. Selain mengharapkan berbagai program pembangunan dalam pengembangan ibukota kecamatan di Lokop, masyarakat berharap agar Lokop dijadikan sebagai objek wisata halal, apalagi disana tersedia air terjun dan sumber air panas.

Kedatangan Rocky disambut hangat aparatur desa dan anggota DPRK Aceh Timur dari Fraksi Partai Aceh (F-PA) yaitu Kasat Arina. Selain meninjau pembangunan desa yang didanai Anggaran Dana Gampong (ADG) beberapa tahun yang lalu hingga 2019, Bupati Aceh Timur juga melihat lahan kopi milik warga yang mulai dikembangkan didaerah pedalaman itu. Meskipun dalam skala kecil, namun tanaman itu tumbuh dan berkembang secara alami.

Melihat alam yang sangat bersahabat dengan tanaman kopi, Bupati Rocky tergerak dan berkeinginan  mengajak petani bersama-sama untuk segera mengembangkan tanaman kopi jenis Robusta. "Silakan dikembangkan kopi dan pemerintah siap membantu. Tapi kopi yang dikembangkan nantinya jenis Robusta," kata Bupati Rocky.

Potensi petani di Lokop akan maju dan meningkat ekonominya sangat tinggi, apalagi tanaman kopi yang dikembangkan nantinya secara alami. "Perlu diketahui bahwa kopi saat ini dan kedepan bukan sebatas kebutuhan masyarakat Aceh, melainkan menjadi konsumsi dunia," sebut Rocky.

Mulai tahun ini, pemerintah berharap masyarakat sudah dapat memulai penanaman kopi secara alami dan perlahan diseluruh lahan-lahan kosong dibeberapa desa di Lokop. "Jika tahun ini bisa dimulai dengan luas tanaman mencapai 100 hektar, maka tiga tahun kedepan Aceh Timur sudah memiliki 300 hektar lahan kopi Robusta. Ini harapan kami dan pemerintah siap mendukung," tutup Rocky.


| EI