Sambut HUT RI ke 75, Dandim 0104/ Atim Hambau Warga Kibarkan Merah Putih


SamudraNews.com-Langsa-Aceh, Jelang Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2020, Dandim 0104/Aceh Timur Himbau masyarakat pasang Bendera merah putih sejak 1-31 Agustus 2020.

Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) kepada awak media mengatakan Bangsa Indonesia Merdeka pada tahun 1945, untuk mencapai kemerdekaan tidaklah mudah, penuh dengan pengorbanan yang tidak hanya berupa materi, akan tetapi mengorbankan segenap jiwa dan raga, sehingga kaira bisa merasakan buah perjuangan para pahlawan bangsa.

Masa kini Kemerdekaan telah dinikmati, tetapi terdapat beberapa kelompok masyarakat yang kurang dapat menghargai apa itu arti dari sebuah kemerdekaan, ada sebagian masyarakat yang merasa acuh tak acuh dengan bulan Agustus ini, akan tetapi ada yang sungguh-sungguh merealisasikan peringatan dalam berbagai bentuk kegiatan yang bernuansakan perjuangan.

Untuk itu, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-75,, menghimbau kepada seluruh jajaran Koramil yang ada diwilayah teritorial Kodim Kodim 0104/Atim untuk mengajak masyarakat memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih selama 1 bulan, dimulai pada tanggal 1 - 31 Agustus 2020, ujar Dandim.

Selain itu, instansi pemerintah, swasta, perkebunan, sekolahan, kampus dan lainnya juga diharapkan turut serta memasang Bendera, Umbul-umbul. "Para personel Babinsa jajaran diminta Door To Door mengajak masyarakat memasang bendera Merah Putih didepan rumahnya guna menyemarakkan peringatan HUT RI tahun 2020 ini, "himbau Dandim.

Disebutkan oleh Dandim, walaupun kita tidak mengalami bagaimana heroikme para Pahlawan Kemerdekaan dalam perjuangannya merebut kemerdekaan, namun kita dapat belajar pada pengalaman para sesepuh kita yang masih hidup dan terlibat langsung dalam upaya perjuangan merebut kemerdekaan, dinama nilai – nilai kejuangannya yang sangat relevan kita gunakan sebagai landasan perjuangan kita sebagai generasi penerus bangsa dalam mengisi kemerdekaan. 

"Kita yang ada saat ini sebagai Bangsa Republik Indonesia tidak merasakan perjuangan pendahulu kita, kehilangan harta benda, saudara, bahkan kehilangan jiwa juga, perjuangan mereka para pendahulu benar-benar luar biasa dan patut kita hormati dan kenang sampai kapanpun, untuk itu melalui momen bulan sejarah rakyat Indonesia, marilah kita semarakkan peringatan HUT RI ke-75 ini, "tegas Dandim.

Dan apabila di gampong-gampong akan mengadakan lomba seperti tahun-tahun sebelumnya, diharapkan untuk tetap mengikuti protokol kesehatan, agar terhindar dari Virus Covid-19, "pungkasnya.

| Red