500 Keping Uang Kuno Ditemukan di Aceh Utara

Aceh Utara | Samudra News – Warga Desa Buloh Beureughang, Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara, Hamdani. Menemukan 500 keping uang logam kuno. Selasa, 30 Oktober 2012.


Di sisi depan uang logam tersebut bertuliskan “Victoria Queen”, sedangkan disisi belakang bertuliskan “East India Company” dan juga tercantum tahun pembuatan uang tersebut, yaitu tahun 1845.

Uang kuno tersebut ditemukan Hamdani pada bulan April tahun 2011secara tidak sengaja, pada saat itu dirinya sedang mencangkul tanah untuk membuat lubang. Lubang tersebut digunakan untuk menanam pohon pisang dikebun miliknya yang terletak di Desa setempat.

Pada saat mencangkul tanah, tiba-tiba dirinya melihat sebuah kotak yang sudah usang karena diduga telah lama tertanam di tanah. Setelah kota itu diangkat, Hamdani melihat ratusan uang kuno yang tersusun rapi.

“Kota itu memang sudah rusak, tapi uangnya masih tersusun rapi,” ujar Hamdani.

Awalnya, sambung Hamdani, saya mengira uang tersebut terbuat dari emas. Bahkan beberapa menit setelah penemuan uang tersebut, saya langsung membawa ke toko emas. Ternyata setelah dicek, uang tersebut terbuat dari tembaga.

Hamdani menambahkan, akibat dengan penemuan uang kuno ini. Sempat membuat masyarakat Desa menjadi heboh, banyak warga yang ingin menyaksikan uang tersebut dan bahkan ada yang mengambilnya.

"Setelah saya hitung, ada 500 keping uang yang tersusun rapi di dalam kotak itu," tutur Hamdani.[]


sumber: acehtraffic.com